Daun Sirih Merah Serta Khasiatnya - Tata Gunawan

Daun Sirih Merah Serta Khasiatnya untuk bahan ramuan obat ~ Sirih merah atau dalam bahasa ilmiahnya disebut piper ornatum adalah salah satu tanaman asli indonesia yang mash kerabat sirih hijau dan lada. Tanaman yang diperkirakan berasal dari daerah sulawesi ini selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, juga bisa berperan sebagai tanaman obat.

Ciri khas dari tanaman tropis ini adalah memiliki batang berbentuk bulat dengan warna hijau keunguan, terdapat garis merah dan umumnya tanaman ini tidak menghasilkan bunga. Daunnya  berwarna merah, permukaan daun mengkilap dan berbentuk jantung hati dengan bagian ujung daun meruncing.

Mengenai manfaat daun sirih merah sebaga tanaman obat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, tidak terpisahkan dari kandungan kimia didalamnya, beberapa diantaranya yaitu alkoloid, saponin, tanin, flavonoid, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada.

Daun sirih merah bersifat disinfektan, anti bakteri, anti jamur, anti kanker, dan lainnya. Dengan beberapa sifat yang dimilikinya ini, daun sirih merah bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat. beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan antara lain bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti diabetes melitus, batu ginjal, hepatitis, radang liver dan gusi, kanker, asam urat maag, dan nyeri sendi. Bisa juga menurunkan kolesterol dan mencegah serangan jantung. Mengatasi kelelahan, bau mulut, bau badan, dan juga masalah keputihan pada wanita. Menyembuhkan sakit pada perut serta mempercepat proses penyembuhan pada luka dan melindungi luka dari infeksi karena kuman. Dalam dunia kecantikkan, daun sirih bermanfaat untuk membantu menghaluskan kulit.

artikel terkait :

seokoe.tumblr.com/post/87590565463/khasiat-dalam-daun-sirih-merah

seokoe.mywapblog.com/khasiat-daun-sirih-merah-sbg-tanaman-oba.xhtml

Kategori : health
Komentar : belum ada Komentar