Khasiat Rimpang Jahe Merah - Tata Gunawan

Khasiat Rimpang Jahe Merah

Khasiat rimpang jahe merah ~ seperti jenis jahe lainnya, jahe merah juga memiliki banyak manfaat dan khasiat dalam dunia pengobatan.

Dalam rimpang jahe merah, banyak sekali terkandung zat dan senyawa penting yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya gingerol, zingeron, dan shogaol. Selain itu jahe merah mengandung 1-4 % minyak atsiri dan oleoresin. Minyak atsiri dalam rimpang jahe merah juga memiliki komponen senyawa lainnya yang terdiri dari zingerberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral dan shogaol serta kandungan lainnya seperti minyak dammar, pati, asam organik, asam malat, asam aksolat dan gingerin.

Dengan kandungan kimia diatas, rimpang jahe banyak dimanfaatkan oleh industry obat sebagai salah satu bahan baku ramuan obat. Tapi perlu anda ingat juga, ada beberapa zat dalam rimpang jahe yang kurang baik bagi anda terutama ketika anda menderita penyakit maag, dan bagi para ibu hamil juga, diusahakan untuk tidak mengkonsumsi jahe merah, karena ditakutkan dapat mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat jahe merah sebagai salah satu bahan ramuan obat yang perlu anda ketahui, diantaranya :

1. Sebagai obat alami untuk batuk.
Caranya yaitu dengan merebus rimpang jahe dengan air 2 gelas sampai tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut 2x sehari.

2. Untuk mengatasi pegal-pegal
Cara membuat ramuannya yaitu dengan membakar rimpang jahe seukuran ibu jari, kupas kulitnya, kemudian rebus dengan 2 gelas susu segar. Minum selagi hangat.

3. Menghilangkan sakit kepala.
Ramuannya dibuat dengan membakar 3 rimpang jahe merah dan kemudian dimemarkan. Seduh dengan 1 gelas air panas, tambahkan sedikit madu, lalu minum selagi hangat.

4. Mengatasi rhematik
Cara membuat : rimpang jahe merah 20 gram, daun dewa segar 30 gram, irisan kering buah mahkota dewa 20 gram, daun meniran 30 gram, daun senok 30 gram, direbus dengan menggunakan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring lalu tambahkan sedikit madu. ,minum 2 kali sehari.

Selain ramuan obat diatas, tentunya masih banyak lagi manfaat jahe merah untuk obat dan juga cara pembuatan ramuannya .silahkan cari literature lainnya demi memperkaya pengetahuan anda seputar manfaat rimpang jahe merah.

Kategori : health
Komentar : belum ada Komentar