Khasiat Temulawak Sebagai Obat - Tata Gunawan

Khasiat Temulawak Sebagai Obat

Khasiat Temulawak Sebagai Obat ~ Temulawak adalah salah satu tanaman sejenis jahe-jahean yang tumbuh subur di wilayah Indonesia khususnya di daerah sekitar pulau jawa. Tanaman rimpang ini juga bisa kita temui di beberapa Negara tetangga seperti Malaysia, philipina, korea, china, jepang dan Negara lainnya.
Temulawak sudah lama dikembangkan sebagai tanaman pekarangan oleh masyarakat Indonesia karena mereka sudah mengetahui begitu besarnya manfaat yang terkandung  pada temulawak terutama didalam umbinya sebagai bahan ramuan obat mujarab. Berikut ini adalah beberapa manfaat temulawak dalam dunia pengobatan :

  1. Kurkumin yang terkandung pada umbi temulawak dapat mengurangi radang pada sendi
  2. Ekstrak rimpang temulawak telah teruji secara klinis mampu menurunkan kadar kolesterol pada darah.
  3. Kurkumin yang terkandung dalam temulawak juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal sejumlah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan sebagai penyebab penyakit.
  4. Air rebusan dari rimpang temulawak dapat difungsikan untuk mengobati jerawat.
  5. Kandungan kalagoga dalam rimpang bisa membantu memelihara kesehatan hati anda
  6. Mampu memperbaiki nafsu makan terutama pada anak-anak, bisa juga membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.
  7. Rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu
  8. melancarkan sistem metabolisme dan mengurangi kontraksi pada usus sehingga pada akhirnya pencernaan tubuh akan selalu sehat.

Selain beberapa manfaat diatas, banyak khasiat temulawak lainnya seperti mengatasi maag, gangguan ginjal, limpa, mengobati nyeri sendi dan pegal-pegal, mengatasi masuk angin dan sakit kepala serta lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai temulawak dan manfaatnya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat bagi anda semua terutama dalam hal pengetahuan mengenai temulawak.

Artikel sumber : 13 manfaat temulawak untuk kesehatan on seokoe.tumblr.com

Kategori : health
Komentar : belum ada Komentar