Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan - Tata Gunawan

Manfaat daun jarak untuk pengobatan ~Sebagai salah satu tanaman pagar, jarak ternyata tidak hanya berperan sebagai tanaman penghias halaman rumah anda. Beberapa bagian tanaman jarak ternyata mengandung banyak sekali manfaat dan khasiat dalam dunia pengobatan. Salah satu bagian tanaman yang cukup populer dikenal memiliki khasiat pengobatan dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengobati berbagai penyakit pada tubu adalah daun jarak.

Daun jarak mengandung zat /senyawa penting dan bermanfaat antara lain Kaemfesterol, stigmasterol, sitosterol, teraksrol, dan amirin. Semua zat-zat dalam daun jarak tersebut menjadikannya sebagai obat yang tidak perlu lagi disangsikan keampuhannya.

Sejak dulu, masyarakat sudah menggunakan daun jarak sebagai bahan ramuan obat tradisional diantaranya untuk :

1. Mengobati keputihan pada lidah bayi

Bagi bayi yang terkena masalah ini, biasanya enggan untuk menyusu karena merasakan kurang nyaman, sehingga bila dibiarkan akan memberikan efek negatif pada kesehatannya. Untuk mengatasinya, bisa memanfaatkan getah dari daun jarak. Caranya yaitu dengan mengambil getah tersebut dan oleskan pada lidah bayi yang keputihan.

2. Sulit BAB ( buang air besar )

Sulit BAB adalah penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Bagi anda yang menderita penyakit ini bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi daun jarak, caranya yaitu dengan mengukus 4 helai daun jarak hingga lembek, kemudian memakannya, lakukan ini selama 7 hari sampai masalah BAB anda hilang.

3. Perut kembung dan masuk angin pada bayi

Bayi umumnya sering mengalami perut kembung dan masuk angin, untuk mengatasinya anda tinggal memetik beberapa helai daun jarak tua,siangi di atas api hingga layu. kemudian di olesi dengan minyak telon, minyak kelapa atau minyak kayu putih, tempelkan pada perut bayi bagian bawah dan pinggangnya. Biasanya cara sederhana ini akan segera mengeluarkan gas dalam perut bayi.

4. Mengatasi sariawan

Banyak yang menyebutkan, bahwa daun jarak lebih ampuh dalam mengobati sariawan bila dibandingkan dengan obat di toko atau apotik. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil bagian getah dari daun jarak dengan kapas, lalu dioleskan pada bagian mulut yang bermasalah.

5. mengurangi / menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang

Rasa nyeri saat sakit gigi ketika gigi anda berlubang tentunya sangat menyiksa. Untuk menguranginya, anda bisa memanfaatkan getah daun jarak yang ditempelkan pada bagian gigi berlubang menggunakan kapas.

6. Mengobati rematik

Manfaat daun jarak untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa mengobati rematik. Caranya: ambil beberapa helai daun jarak yang tua dan segar, kemudian lumatkan dan tempelkan pada bagian tubuh yang rematik, exim, atau gatal-gatal, gunakan hingga kering dan gantikan dengan yang baru.

Demikian ulasan tentang beberapa manfaat getah daun jarak untuk pengobatan dan getahnya untuk pengobatan, semoga ulasan singkat mengenai tanaman jarak ini bermanfaat bagi anda semua.

untuk lebih menambah pengetahuan dan wawasan anda, baca juga tentang manfaat tanaman obat lainnya seperti manfaat buah mengkudu dan lainnya.

Kategori : health
Dilihat : 1 User
Komentar : belum ada Komentar