Manfaat Kencur Untuk Tubuh Manusia - Tata Gunawan

Manfaat Kencur Untuk Tubuh Manusia

Manfaat Kencur Untuk tubuh Manusia ::  Kecur ternyata mempunyai sejumlah manfaat yang patut kita cermati. Pada bagian rimpang kencur terdapat beberapa unsur / senyawa kimia yang cukup penting dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kencur atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Kaempferia galanga L adalah salah satu jenis  tanaman obat yang masuk kedalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang tanaman kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bisa dimanfaatkan sebagai stimulan.

Tanaman yang dikenal di Malaysia dengan nama cekur atau pro hom dalam bahasa Thailand merupakan temu kecil yang dapat tumbuh subur di daerah rendah atau pegunungan dengan tekstur tanah gembur dan sedikit kandungan air. Tanaman ini akan tumbuh baik pada musim penghujan. Media tanam bisa langsung ditanah ataupun menggunakan media pot.

Dalam rimpang kencur mengandung unsur – unsur sebagai berikut : pati (4,14 %), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.

 

Manfaat Kencur Untuk Obat

Beberapa jenis penyakit bisa diatasi dengan memanfaatkan ramuan obat berbahan utama rimpang. Berikut adalah manfaat kencur untuk obat, antara lain :

  1. Mengobati radang lambung pada orang dewasa dan radang pada anak-anak.
  2. Mengatasi influenza pada bayi
  3. Mengobati masuk angin, sakit kepala, dan batuk
  4. Mengatasi diare
  5. Menghilangkan darah kotor
  6. Memperlancar haid
  7. Mengatasi mata pegal dan lelah
  8. Meringankan rasa sakit akibat keseleo
  9. Menyegarkan tubuh setelah seharian beraktifitas

Demikian ulasan singkat mengenai peranan kencur untuk tubuh manusia terutama manfaat kencur untuk obat.

Komentar : belum ada Komentar