Pengaruh Tidur Bagi Anak Remaja - Tata Gunawan

Pengaruh Tidur Bagi Anak Remaja

Pengaruh tidur bagi anak remaja : Satu temuan terbaru yang dimuat dalam jurnal Pediatrics. Menyebutkan bahwa para peneliti dari the Perelman school of medicine ( University of pennsylvnia ) bahwa dengan tidur yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan pada remaja.

Penelitian ini dilakukan pada sekitar 1000 siswa antara usia 14-18 tahun dengan memberikan waktu tidur kepada mereka hingga 10 jam sehari. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa dengan memberikan waktu tidur hingga 10 jam para para remaja ini dapat membantu menurunkan berat tubuh mereka.

Penelitian ini tentu saja cukup mengejutkan banyak pihak. Karena sebelumnya beberapa pendapat menyatakan bahwa kebutuhan tidur bagi seseorang adalah 8 jam / harinya. Tapi ini ternyata tidak berlaku dengan kebutuhan tidur para remaja. Remaja hingga dewasa muda ternyata membutuhkan waktu tidur antara 8,25-9,25 jam perharinya.

Manfaat Tidur Untuk Remaja

Banyak penelitian sebelumnya sudah membuktikan tentang manfaat tidur yang cukup terhadap penurunan berat badan.  Tapi penelitian diatas lebih difokuskan pada pengaruh durasi tidur terhadap para remaja.

Sebetulnya, bukan hanya penurunan berat badan yang akan didapat dengan waktu tidur yang cukup bagi remaja, tapi ada manfaat lainnya yang bisa diperoleh, antara lain adanya peningkatan prestasi akademis, kemampua fisik dan kesehatan, dapat menurunkan angka sakit, absensi, keterlambatan, kenakalan dan kekerasan dikalangan remaja. Selain itu, dengan cukupnya waktu tidur, maka akan menghilangkan rasa kantuk dalam setiap aktifitas kita. Anda tentu sudah mengetahui bahwa kondisi kantuk dapat menyebabkan hal-hal negative seperti kurangnya konsentrasi, ceroboh, serta mudah lupa. Nafsu makan juga juga akan mengalami peningkatan dari adanya rasa kantuk ini.

Kategori : health
Komentar : 1 Komentar