Sejuta Manfaat Daun Sukun Untuk Obat - Tata Gunawan

Sejuta Manfaat Daun Sukun Untuk Obat

Pohon sukun ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan bagian buahnya saja sebagai sumber konsumsi, tapi bagian lain dari pohon yaitu daunnya dapat memberikan manfaat begitu besar dalam dunia kesehatan dan pengobatan herbal.

Daun sukun dikenal memiliki banyak sekali khasiat pengobatan yang cukup mujarab. Ramuan obat dari daun sukun terutama yang sudah kering bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit terutama yang menyerang organ dalam tubuh.

Khasiat dari daun sukun ini tidak terlepas dari sejumlah zat dan senyawa yang terkandung didalamnya, diantaranya  saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol.
Dengan semua zat dan senyawa yang terkandung didalamnya, daun sukun bisa anda gunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada tubuh, antara lain :

  1. Mengobati asam urat dan menghilangkan pegal linu
  2. Menjaga dan meningkatkan kinerja jantung
  3. Baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dan diabetes, karena membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga gula darah.
  4. Anti inflamasi dan peradangan pada organ tubuh seperti ginjal, usus, dan tenggorokan.
    Mengobati panu, sariawan, dan penyakit lever.
  5. Menjaga kesehatan ginjal dan melindunginya dari beberapa penyakit yang sering menjangkitinya.

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak khasiat lainnya dari daun sukun. Silahkan anda cari literatur lainnya demi memperkaya pengetahuan dan wawasan anda.

Untuk mengolah daun sukun menjadi obat, caranya cukup mudah, anda tinggal merebus beberapa daun sukun tua dengan air secukupnya, lalu minum  air rebusan tersebut secara rutin setiap hari dengan takaran yang sesuai.

Artikel sumber :

Kategori : health
Komentar : belum ada Komentar