Seputar Manfaaat Jeruk Nipis - Tata Gunawan

Seputar Manfaaat Jeruk nipis

Seputar manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh : Mungkin sebagian besar dan rekan-rekan semua sudah tahu bahwa jeruk nipis bisa digunakan sebagai salah satu bahan ramuan obat untuk menyembuhkan batuk. Ternyata selain untuk obat batuk, ada beberapa manfaat lainnya dari jeruk nipis yang bisa anda dapatkan.

Kemampuan jeruk nipis untuk mengobati beberapa jenis penyakit pada tubuh, tidak terlepas dari kandungan beberapa unsur kimia didalam buahnya yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Kandungan kimia dalam jeruk nipis antara lain :

  • Unsur mineral seperti kalium, tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Kalium terdapat dalam juga cukup tinggi yaiitu sekitar 490 mg dalam setiap satu buah jeruk nipis.
  • Vitamin. Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, mengkonsumsi jeruk nipis bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh akan vitamin C.
  • Flavonoid


Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan tubuh :

  1. Bagi anda yang sedang diet lemak, ada baiknya memasukkan jeruk nipis sebagai menu diet anda. Hal ini dikarenakan, jeruk nipis rendah akan kalori
  2. Membantu melancarkan pencernaan tubuh : Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis bisa membantu meningkatkan produksi empedu, asam, serta cairan pencernaan. Dengan tercukupinya kandungan ketiga unsur tersebut, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh. Flavonoid juga dapat membantu  menetralkan cairan pencernaan asam, serta mengeluarkan racun dalam tubuh.
  3. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.  vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan tahan terhadap sejumlah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.
  4. Jeruk nipis bisa dijadikan sebagai obat tradisional : Bila anda menderita flu ringan, anda bisa memanfaatkan jus jeruk nipis untuk menyembuhkannya , yaitu dengan minum jus jeruk nipis hangat secara teratur. Selain itu, jus jeruk nipis juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi dari organ hati dan mengurangi masalah pada system pencernaan  anda.

 

Komentar : 1 Komentar