Meningkatkan Kecerdasan Anak - M. Arif Hasan, S.Pd. M.Pd.

Meningkatkan Kecerdasan Anak

MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK DENGAN TIDUR TERATUR

 

Saat masih anak-anak , orangtua kita sering membelai kepala saat menina bobokan kita, sambil mengucapkan kata-kata “Semoga Pintar”, “Semoga Tambah Sholeh”, Semoga Panjang Umur”, dan sebagainya. Menurut hasil penelitian para ahli pada setiap manusia memiliki apa yang disebut rangsangan di kepala yang sering disebut dengan “SUGESTI”.

Sugesti berasal dari bahasa Inggris, suggestion. Sugesti adalah proses psikologis dimana seseorang membimbing pikiranperasaan, atau perilaku  orang lain.  Penulis topik psikologi pada abad ke 19 (sembilan belas) misalnya,  William James menggunakan kata-kata suggest dan suggestion dalam pengertian mendekati  maknanya dalam percakapan sehari-hari,-kata saran (suggest) mengacu arti harfiah "memberi saran" kepada orang lain sementara sugesti (suggestion) mengacu kepada pikiran. Kajian ilmiah awal tentang hipnosis oleh Leonard Clark Hull dan ilmuwan lain memperluas arti kata sugesti ini secara khusus dan teknis (Hull, 1933). Teori neuro-psikologis asli dari sugesti hipnosis didasarkan pada konsep respon ideo motor dari William B. Carpenter dan James Braid .

Apakah saudara ingin memiliki  anaknya dapat  berprestasi di sekolah ? Biasakanlah mereka untuk selalu tidur tepat waktu setiap malam.

Hasil riset terbaru para ahli di Amerika Serikat menunjukkan, pola tidur yang teratur membuat anak-anak lebih cerdas. Dibandingkan anak yang tidurnya tidak teratur, mereka yang istirahatnya selalu terjadwal memiliki kemampuan bahasa, membaca dan matematika yang lebih baik di sekolah.

Ini adalah hasil penelitian independen para ahli di SRI International yang melibatkan 8.000 anak berusia 4 tahun. Salah satu kesimpulan yang dipaparkan dalam pertemuan Associated Professional Sleep Societies itu juga menyebutkan, anak-anak rata-rata tidurnya kurang dari 11 jam setiap hari menunjukkan kemampuan yang kurang baik.

Dalam riset itu, peneliti menganalisis informasi tentang tidur anak-anak melalui wawancara dengan orang tua. Informasi ini dikumpulkan saat anak-anak berusia 9 bulan dan diulang saat mereka menginjak usia empat tahun.

Pimpinan riset Dr Erika Gaylor menyatakan, data riset juga mengungkapkan banyak anak di AS yang tidak memenuhi kebutuhan tidurnya. Alhasil, anak-anak ini mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan sulit mencapai prestasi di sekolah.

Ia merekomendasikan para orang tua untuk mengatur jadwal tidur yang tepat sehingga anak-anak dapat mencapai kualitas tidur yang sehat. Orang tua juga harus meluangkan

 waktu berinteraksi dengan anak di tempat tidur secara rutin seperti membacakan buku atau mendongeng.

Beberapa cara secara islami guna mencerdaskan anak sebelum tidur.

  1. Sentuhlah kepala anak dengan lembut disertai ucapan Taud, Basmallah dan Syahadat, dan Sholawat lakukan dari kepala badian depan memutar hingga kepala bagian belakang
  2. Lakukan langkah nomor 1, 3  s.. 7 kali sentuhan
  3. Lakukan sentuhan dalam hati dengan sugesti yang positif dan dengan pikiran yang tenang, sabar dan selalu focus pada harapan kita, diserta perhononan kepada Alloh S.W.T
Dilihat : 4 User
Komentar : belum ada Komentar