? Unsur ? Senyawa ? Molekul ? Molekul Unsur ? Molekul Senyawa ? Ion - Viora Valenzania

WinkUnsur

 

Unsur adalah zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Penulisan lambang unsur mengikuti aturan sebagai berikut:

  1. Lambang unsur diambil dari singkatan nama unsur. Beberapa lambang unsur berasal dari bahasa Latin atau Yunani nama unsur tersebut. Misalnya dari kata(bahasa latin) sebagai lambang unsur .Fe  ferrumbesi
  2. Lambang unsur ditulis dengan satu huruf kapital.
  3. Untuk Unsur yang dilambangkan dengan lebih dengan satu huruf, huruf pertama lambang ditulis dengan huruf kapital dan huruf kedua/ketiga ditulis dengan huruf kecil.
  4. Unsur-unsur yang memiliki nama dengan huruf pertama sama maka huruf pertama lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur dan huruf kedua diambil dari huruf lain yang terdapat pada nama unsur tersebut. Misalnya, Ra untuk radium dan Rn untuk radon.

Pada suhu kamar (25 C) unsur dapat berwujud Padat, Cair,dan Gas, secara umum unsur terbagi menjadi duakelompok yaitu:

  • : umumnya unsur logam diberi nama akhiran ium. Umumnya logam ini memiliki titik didih tinggi, mengilap, dapat dibengkokan  , dan dapt menghantarkan panas atau arus listrik.Unsur Logam
  • Unsur Non Logam: umumnya memiliki titik didih rendah, tidak mengkilap,kadang-kadang rapuh tak dapat dibengkokkan dan sukar menghantarkan panas atau arus listrik.

 

 

Wink Senyawa 

 

Senyawa adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Senyawa dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Misalnya, karat besi (hematit) berupa Fe2O3 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian.

Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa hanya dapt diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi kimia. Pada kondisi yang sama, senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat fisika dan kimia senyawa berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair.

 

Wink Molekul

 

Molekul adalah sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil. Menurut definisi ini, molekul berbeda dengan ion poliatomik. Dalam kimia organik dan biokimia, istilah molekul digunakan secara kurang kaku, sehingga molekul organik dan biomolekul bermuatan pun dianggap termasuk molekul.

Dalam teori kinetika gas, istilah molekul sering digunakan untuk merujuk pada partikel gas apapun tanpa bergantung pada komposisinya. Menurut definisi ini, atom-atom gas mulia dianggap sebagai molekul walaupun gas-gas tersebut terdiri dari atom tunggal yang tak berikatan.

Sebuah molekul dapat terdiri atom-atom yang berunsur sama (misalnya oksigen O2), ataupun terdiri dari unsur-unsur berbeda (misalnya air H2O). Atom-atom dan kompleks yang berhubungan secara non-kovalen (misalnya terikat oleh ikatan hidrogen dan ikatan ion) secara umum tidak dianggap sebagai satu molekul tunggal.

 

 

 

 

 

Smile Molekul Unsur

 

Jika atom unsur yang sama berikatan ,terbentuklah moleukul unsur .Molekul unsur terbentuk dari atom dengan jumlah tertentu .Gas oksigen yang kita gunakan untuk bernapas terdiri atas jutaan molekul  oksigen .Tiap molekul oksigen biasanya terdiri atas dua atom oksigen .Selain gas oksigen, hidrogen nitrogen, termasuk juga molekul unsur.

 

 SmileMolekul Senyawa

 

Ketika atom –atom dari unsur yang berbeda beikatan ,terbentuklah molekul senyawa.Molekul senywa terdiri atas atom –atom dengan perbandingan tertentu.Contoh molekul senyawa yaitu air (H2O) , hidrogen klorida (HCl), karbonmonoksida (CO),dan karnondioksida(CO2)

 

WinkIon

 

ion adalah satu atom, kumpulan atom, atau partikel subatomik dengan satu jumlah muatan listrik. Ion yang paling mudah adalah elektron (muatan negatif tunggal, e-), proton (satu ion hidrogen, H +, muatan positif), dan partikel alpha (ion helium, he2 +, memiliki dua proton dan dua neutron).

Satu ion bermuatan negatif, yang memiliki lebih elektron dalam kulit elektron dari jumlah proton dalam nucleus, disebut anion, karena ia tertarik ke anod; sedangkan satu ion bermuatan positif, yang memiliki kurang elektron dibanding proton, dikenal sebagai kation, karena tertarik ke katoda . Satu poliatom anion yang mengandung oksigen kadangkala disebut oksianion.

Ion-ion ditandai sama seperti mana atom netral dan molekul bertindak secara listrik kecuali untuk kehadiran satu 'Superscript' yang menunjukkan tandaan sejumlah arus listrik dan jumlah elektron lebih dari satu. Sebagai contoh: H +, SO42-. Satu cara lain untuk menunjukkan cas ini adalah seperti begini: SO4-2. 

Jenis-jenis Ion

  1. Anion adalah ion negatif yang terbentuk ketika satu-satu atom menerima satu atau lebih elektron dalam proses kimia. Anion bermuatan negatif karena jumlah proton dalam nukleusnya kurang dibandingkan jumlah elektron.
  2. Kation adalah ion bermuatan positif yang terbentuk ketika satu-satu atom menyingkirkan elektron dalam proses kimia. Kation berlawanan dengan anion karena jumlah elektronnya yang kurang dibandingkan proton.
  3. Dianion: dianion adalah sejenis spesies ion yang memiliki dua muatan negatif dalam satu molekul seperti pentalena dan azulena.
  4. Ion radikal: ion radikal adalah ion yang memiliki elektron dengan bilangan ganjil. Seringkali ion radikal tidak stabil dan sangat reaktif.
Dilihat : 15 User
Komentar : 2 komentar
Tag Teman :
Kategori Artikel
Tautan Web
Daftar Teman ( 161 )
Harjuna Kusuma WardhanaTanita DianKinasihOlvia FitriErlan Saputra Yudhabritania junike putri nurpriarindiANZUHRIFachry Aula.Rrobyhabib fauziAstika kusuma dewi
Artikel Disukai