Tips: Tips Memilih Durian Yang Bagus Dan Lezat - Ardhy Putranto Harjono

Buah durian yang lezat memang memiliki cukup banyak penggemar, karena rasanya yang khas dan legit serta aromanya yang menggoda. Lebih nikmat lagi karena tidak semua musim ada, jadi kadang rasanya bikin kangen karena 1 tahun sekali panennya. Bagi Anda penggemar buah durian, maka tips ini pasti akan sangat berguna bagi Anda sebab mulai kini Anda akan semakin mahir dan pintar dalam memilih mana buah durian yang berkualitas baik ataupun buah durian yang berkualitas kurang baik.

Buah durian merupakan buah tropis yang paling banyak digemari, karena selain memiliki aroma serta rasa manis yang khas, buah durian juga bisa dibuat berbagai resep masakan, diantaranya adalah kinca durian yang umumnya dimakan bersama dengan ketan ataupun berbagai kue-kue kering dan basah lainnya. Berikut adalah tips memilih durian yang bagus dan lezat.

 

1.  Lihat Tangkainya

Perlu dilihat tangkai durian, Jika tangkainya bekas potongan pisau karena terlihat halus, maka itu tidak matang di pohon. ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu. Jika matang, ujung tangkainya terlihat kasar, dan jika tangkai itu dipotong lalu dijilat, terasa manis, maka daging buahnya pun tebal juga. Kalau bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya pun kuning juga. Tentu saja aroma durian yang menyengat juga sebagai tanda buah itu matang. Durian yang jatuh dari pohon tangkainya bergerigi.

 

2. Perhatikan Kulitnya

Jika kulit terlihat berduri jarang dan besar-besar bisa dipastikan durian itu berdaging padat, tapi jika durian berkulit kecil dan durinya berjarak dekat, daging durian pasti lembek. Perhatikan seluruh permukaan kulit durian, usahakan jangan sampai ada lubang atau noda hitam meski seukuran kepala jarum pentul. Itu pertanda durian tersebut tak sehat dan bisa jadi busuknya sudah menyebar di bagian dalam. Hati-hati dengan durian yang dibungkus pedagangnya dengan daun aren, karena bisa jadi digunakan menutup lubang atau durian yang sudah terbuka. Durian yang sudah pecah ujungnya biasanya rasanya sudah basi karena terjadi oksidasi.

 

3.  Pilihlah Yang Ringan

Durian yang berat biasanya masih mentah, isinya terlalu berair atau bahkan busuk. Langkah ini  biasanya hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli dalam memilih durian. Biasanya, mereka mampu membedakan segar atau tidaknya durian dari suara yang dihasilkan ketika menggoyang-goyangkan durian tersebut. Katanya, jika bunyi duriannya terdengar berat berisi, berarti buah itu segar dan matang. Tapi jika bunyinya sudah ringan seperti ada rongga, maka buah duriannya sudah tidak segar atau bisa saja bagian dalamnya sudah membusuk.

 

4.  Jangan Lupa Dipukul-pukul

Memukul-mukul kulit luar durian juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi kematangan dari buah durian. Durian yang telah matang biasanya memiliki rongga pada bagian dalamnya sehingga pada saat Anda memukul-mukulnya dengan menggunakan gagang pisau atau dengan kuku maka akan dihasilkan suara yang khas seperti "dug, dug, dug" atau "bluk, bluk, bluk". Jika bunyinya sama sekali tidak mirip seperti itu atau bukan seperti suara yang dihasilkan dari benda yang berongga, maka bisa dipastikan durian tersebut masih mentah, biasanya terdengar bunyi “plek-plek”itu tandanya durian belum matang.

 

5.  Ambil Yang Bulat

Bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak. Durian lonjong atau tidak bulat biasanya hanya memliki daging buah sedikit. Pilihlah bentuk buah yang terlihat bulat dibanding yang lonjong karena umumnya struktur buah yang bulat memiliki juring yang lebih luas sehingga daging buah didalamnya pun akan menjadi lebih lebar dan tebal.

 

6.  Cium Baunya

Saat memilih durian, dekatkan hidung dan cium baunya, jika baunya kuat, kemungkinan besar buahnya manis dan matang. Tapi jika sudah tidak bau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin yang membuat rasanya jadi hambar. Durian yang sudah tua dan matang, aromanya sangat tajam. Aroma ini sangat terasa terutama di bagian ujung durian, meski kulitnya belum terbuka.

 

7.  Pilihlah Yang Berjuring Lima

Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan bagian juring-juring yang terdapat pada durian. Juring yang tidak berisi daging buah biasanya membuat buah durian menjadi melengkung dan tidak bulat sempurna karena bentuknya yang asimetris. Buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah. Juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah. Durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih.  

 

8. Lihat Durinya

Pilih buah yang durinya jarang dan pendek pendek.ini tanda bahwa daging buahnya kering. Bila durinya banyak dan panjang,berarti kandungan airnya banyak sehingga daging buah biasanya lembek dan becek pilih buah yang ringan. Komponen terberat dari durian selain kulit adalah biji.durian lebih ringan biasanya lebih namyak dagingnya

 

9.  Guncangkan

Jika ada terasa sesuatu yang berguncang di dalam, berarti daging buahnya berjenis kering. Itu tandanya bagus.

 

10. Garansi

Yang terakhir kalau semua tidak bisa, tinggal makan ditempat dan minta garansi. kalau ga enak dituker.

Dilihat : 11 User
Komentar : 4 Komentar
Tag Teman :
  • Widyastuti Paling mudah itu tips yang terakhir kak....ayoooo belii duriannn
    # 3
    13 Mar 14
  • Anjras Traya kakak yang nulis artikel doyan durian po? 
    # 4
    13 Mar 14