Penyakit-penyakit Pada Ayam Dan Cara Pengobatan - C.nugraha

II.                      PENYAKIT-PENYAKIT PADA AYAM ADU DAN OBATNYA

AYAM LUMPUH

Ayam lumpuh..tapi sekarang sudah agak mendingan...namun belum normal...jalannya masih gontai..tidak seperti semula, kalau tradisional,pake daun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi+ragi tape,dicampur lalu dilumuri ke kaki Ayam.Kalau obat,pake linucid di apotek ada,umbar lepas Ayamnya,1 biji(pagi&sore). coba digosok dengan minyak tawon yang asli buatan Ujungpandang (yg biasa dijual di toko2 hangatnya kurang meresap.. katanya ulfa) setiap sore sebelum dikandangkan. sekitar 1 minggu akan tampak hasilnya bila penyebabnya karena salah urat. bila di sendi antara kaki dan paha ada seperti luka, coba diolesi minyak tanah pada tempat tersebut, untuk mematikan tungau penyebab kelumpuhan. kasih air godokan serai juga bisa.

SAKIT MATA 

Ayam saya matanya kalau pagi selalu ada tahinya, dan kalau siang sering dipejamkannya,. Coba anda amati mata Ayamnya kemungkinan ada cacing mata wujudnya seperti rambut tetapi warnanya putih agak bening, jika memang ada tetesi dengan tembakau maka cacingnya akan keluar. Jika tidak terdapat cacing coba tetesi dengan air Daun Katuk setiap hari menjelang mau tidur selama tiga hari. Daun katuk di hancurkan dan di peras hingga keluar airnya lalu di teteskan ke mata Ayam, rasanya akan perih. boleh juga pakai air daun sirih.

KOREP

Jika Ayam kesenangan anda terkena bercak putih pada wajahnya itu berarti Ayam anda terkena korep (java). Cara pengobatannya antara lain mandikan dengan air rebus daun sirih kemudian keringkan setelah itu oleskan obat salep kulitpadabagianyangterkenabercakputih. Selama pengobatan jangan di mandikan lagi dan kontrol setiap hari jika terdapat bercak baru oles kembali pada bagian tersebut. Selamat mencoba dan tolong info kembali setelah duaminggu. Jika ada rekan yang ingin memberi masukan silah

obat salep kulitnya untuk korep apa mas ya,korep itu muncul setelah beberapa hari Ayam disabung, untuk mencegah korep tidak muncul apa pencegahannya ya mas, karena korep pada Ayam saya bikin bulu dikepalanya rontok.

Pakailan saleb Albert T atau Nosip, oleskan sehari dua kali, tipis aja, cukup dua hari, seterusnya jangan kena air (jangan dimandikan), hari ke lima, cucilah atau dilap pakai kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur bubuk tetra chlor, Jangan terlalu basah. dalam 5 hari kemudian bulu baru sudah mulai tumbuh. Dalam 10 hari jangan sekali-kali kena air, jago tetap dijemur. Ini Fakta saya, bukan sekedar teory belaka. Ada yang lupa nih, Sebelum diolesi salep, bagian korep bulunya dicabuti semua, agar kulit terbuka kena sinar matahari. Jangan memakai salep kulit yang berbahan mengandung air, seperti canesten, daktarin, mikoral. Karena justru membikin subur korep, karena mengandung air. Pakailan yang berbahan veselin / minyak, seperti Albert, Nosip, 888 dan cap Anak Anjing. Oleskan tipis aja, kalau terlalu tebal kulit kebiru-biruan gosong.

gampang aja masngobati korep... ksh minum obat neujoral/Omegzole dpt dicari di apotik, utk korep yg ringan ckp 1 butir saja, dan utk yg berat dpt diberikan 1 butir per 2 hr sekali, selam masa pengobatan aym jgn dimandikan selamat mencoba mas, jika ada hasil mohon dikabari...Obat Korep : Pake Alber-T. Ampuh, ga bikin lemas krn dioleskan di kulit.

BERAK KAPUR

Ayam Berak Kapur siba di selamatkan dengan memberi anti biotik dan makan buah pisang,tomat, pepaya atau buah-buahan yang banyak mengandung air.

INFLUENSA

Ayam yang mengalami influensa di beri anti biotik dan minumnya di takar.

MATA BERAIR

Ayam yang mengalami mata berair, matanya diberi tetesan daun katuk atau jeruk nipis.

MATANYA ADA CACING

Jika Ayam matanya ada cacing harus di tetesi tembakau matanya sehingga cacing mati.

CACINGAN

Ayam cacingan diberi isi pinang muda yang sudah di bagi 3 lalu di celup di di minyak goreng dingin dan di makankan ke Ayam.

GANGGUAN TEMBOLOK

- Ayam yang mengalami gangguan tembolok jika baru satu malam maka di beri minum yang banyak dengan cara di masukkan air kemulutnya setelah itu di beri tomat.

KELUMPUHAN

Ayam yang mengalami kelumpuhan harus di jemur pagi hari selama 1 jam setiap hari dan lututnya di kompres air hangat sebelum di jemur setiap hari hingga berdiri kembali, air kompresan harus di campur Serai.

PANAS DALAM

-Ayam yang panas dalam di istirahatkan dan air minum di los. selama 2 hari.

SARIAWAN

-Jika Ayam terkena Sariawan harus di beri Vitamin B IPI dan air minum di los.

BULUNYA BERDIRI

Jika Ayam bulunya berdiri dan muka berwarna merah padah segera bawa kedokter hewan atau beri anti biotik 500mg dan air minum di los karena bawaan Ayam yang sudah minim antibiotik dosis tinggi haus.

NGOROK

Salam kenal juga Mas didik, maaf baru buka internet lagi karena sibuk, kalau saya Ayam ngorok dikasih jeruk nipis diperas ke asam gunung diaduk2 terus asam gunung diperas ke mulut Ayam pagi dan sore mudahan sembuh

FLU BURUNG

Jika terkena fluburung segera di musnahkan karena penularannya sangat cepat dan bisa menular pada manusia.

maafjenisrempah-rempahnyaapaaja? Ayam saya matanya berair terus sampai bengkak. tiap hari udah saya kasih obat tetes mata. tapi masi blm sembuh. mohonbantuannya. Itu gejala flu burung mas, cepat isolasi Ayam yang masih sehat dan beri makan pur saja, sedikit saja, agar Ayam banyak gerak. Usahakan jangan beli Ayam dari pasar/tempat yang gak jelas asalnya, sebaiknya beli dari peternak yang dijamin Ayamnya sehat. trims.

 

1.   Radang usus (Quail enteritis)

Penyebab: bakteri anerobik yang membentuk spora dan menyerang usus, sehingga timbul pearadangan pada usus. Gejala: puyuh tampak lesu, mata tertutup, bulu kelihatan kusam, kotoran berair dan mengandung asam urat. Pengendalian: memperbaiki tata laksana pemeliharaan, serta memisashkan burung puyuh yang sehat dari yang telah terinfeksi.

2.   Tetelo (NCD/New Castle Disease)

Gejala: puyuh sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu, mata ngantuk, sayap terkulai, kadang berdarah, tinja encer kehijauan yang spesifik adanya gejala "tortikolis", yaitu kepala memutar-mutar tidak menentu dan lumpuh. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan yang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, Ayam yang mati segera dibakar/dibuang; (2) pisahkan Ayam yang sakit, mencegah tamu masuk areal peternakan tanpa baju steril, serta melakukan vaksinasi NCD.

3.   Berak putih (Pullorum)

Penyebab: Kuman Salmonella pullorum dan merupakan penyakit menular. Gejala: kotoran berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulu-bulu mengkerut dan sayap lemah menggantung. Pengendalian: sama dengan pengendalian penyakit tetelo.

4.   Berak darah (Coccidiosis)

Gejala: tinja berdarah dan mencret, nafsu makan kurang, sayap terkulasi, bulu kusam menggigil kedinginan. Pengendalian: (1) menjaga kebersihan lingkungaan, menjaga litter tetap kering; (2) dengan Tetra Chloine Capsule diberikan melalui mulut; Noxal, Trisula Zuco tablet dilarutkan dalam air minum atau sulfaqui moxaline, amprolium.

5.   Cacar Unggas (Fowl Pox)

Penyebab: Poxvirus, menyerang bangsa unggas dari semua umur dan jenis kelamin. Gejala: imbulnya keropeng-keropeng pada kulit yang tidak berbulu, seperti pial, kaki, mulut dan farink yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah. Pengendalian: vaksin dipteria dan mengisolasi kandang atau puyuh yang terinfeksi.

6.   Quail Bronchitis

Penyebab: Quail bronchitis virus (adenovirus) yang bersifat sangat menular. Gejala: puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, sulit bernafas, batuk dan bersin, mata dan hidung kadang-kadang mengeluarkan lendir, kadang kepala dan leher agak terpuntir. Pengendalian: pemberian pakan yang bergizi dengan sanitasi yang memadai.

7. Aspergillosis

Penyebab: cendawan, Aspergillus fumigatus. Gejala: Puyuh mengalami gangguan pernafasan, mata terbentuk lapisan putih menyerupai keju, mengantuk, nafsu makan berkurang. Pengendalian: memperbaiki sanitasi kandang dan lingkungan sekitarnya.

8. Cacingan

Penyebab: sanitasi yang buruk. Gejala: puyuh tampak kurus, lesu dan lemah. Pengendalian: menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan yang terjaga kebersihannya.

CARA TRADISIONAL DLM PENGOBATAN AYAM ADUAN 

1.AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI.
2.AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT.
3.AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI.
4.AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU.
5.AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR+KUNYIT.
6.AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE.
7.AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR.
8.AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG.
9.AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA.
10.AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH.
11.AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR.
12.AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR.
13.AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH.
14.MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH!
15.MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH.
16.AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.

AYAM NGOROK 

klo Ayam ngorok klo berkokok suaranya jadi kecil!!!tadinya Ayam matanya berair mlu,,dah sembuh matanya koq jadi ngorok!!! mas yento,berarti Ayam anda kepanasan!Dikasih rempah2 atau daging ya?Jangan overdosis,karena Ayam adalah binatang berdarah panas, boleh juga pakai air daun sirih. ini perkembangan Ayam saya yang sakit matanya, sakit belum berkurang sudah dikasih air tembakau dan air sirih dan sekarang hidungnya mimisan, Ayam saya itu sakitmatanya setelah dijajal (tarung) belum sempat sembuh diambil teman saya lagi ditarungkan lagi tambah parah , berarti kena pukul matanya.Tetesi aja dgn air cabe rawit,setelah itu tutup dgn plester dan tempatkan di tempat yg teduh,jgn kena sinar.

AYAM GAK MAU MAKAN 

AYAM SAYA ADA YG MAKANNYA SEDIKIT AJA HINGGA KURUS BADANNYA.SUDAH KUSAHI OBAT CACING,VIT B KOMPLEKS DAN CURMAX,TAPI TETAP SEDIKT MAKANNYA.

Klu di diaknosas - kemungkinan Ayam anda terkena sariawan tandanya ada bercak putih di dalam mulutnya/ tenggorokannya. - Kemungkinan stres - Jika malas makannya di karenakan sehabis tarung kemungkinan Ayam anda mengalami luka dalam.
Saran saya di beri temu kunci dengan cara di suap seminggu sekali selama satu bulan dan biarkan Ayam sendiri di dalam kandang yang agak luas. Pemberian makan cukup satu kali sehari setiap jam 12 siang dan air minumnya di los. Demikian saran saya semoga bermanfaat. coba pemberian makannya jgn diberikan setiap saat kalau bisa ya sekali saja, mis: pada jam 12 pemberian makan kalau masih ada sisa ( tdk habis ) diangkat saja, mudah2aN nafsu makan Ayam anda akan bertambah kemudian kalau bisa buang cacing cukup dengan pinang muda diberikan pada pagi hari disaaat tembolok Ayam benar2 kosong dan diberikan minum yg agak byk, krn cacing tersebut akan keluar melalui kotoraan aym. kalau utk menggemukkan Ayam cukup diberi mkn jagung yg direndam semalam, dan kuning telur + madu seminggu 3x. dalam masa penyembuhan Ayam asal bisa jgn diberikan latihan, dan diletakkan ditempat yg teduh sampai benar2 bobotnya naik kembali baru latihan dpt dilanjutkan demikian sedikit saran dari saya mudah2an dapat bermanfaat. Thanks Untuk masalah Ayam susah makan, saya ada pengalaman, Pak ..Coba cari daun pepaya yang agak muda lalu ditumbuk, kalo bisa ditambah tempe busuk. Campuran itu diberikan (dilolohkan) ke Ayam ...salam mas Bayu memang nya Ayam mas Bayu makan berapa kali sehari? Ayam saya makannya cuma sore aja klo Ayam di kandang saya rata-rata makan nya kuat semua g ada yg ngemil,nah kadang ada temen nitip Ayam ke saya yg makan nya sangat sedikit.....setelah saya kasih minyak ikan, 2 hari kemudian makan nya sangat lahap sekedar masukan aja nich mas Ayam yg makan nya sedikit mungkin faktor cacingan,klo udah dikasih obat cacing masih tetap dikit makannya....coba mas kasih MINYAK IKAN sesudah makan sore....memang sich minyak ikan untuk membantu pertumbuhan bulu bisa jg untuk merangsang selera makan selamat mencoba

kalau Ayam setelah ditren/diabar/bertarung kenapa ya malas makan, kalau mas Bayu,Yayan, Bensus & rekan lain setelah Ayamnya bertarung dikasih makan apa ya, apakah dikasih makan seperti biasa? Ayam saya sehari2 dikasih beras merah Ayam habis diadu biasanya susah makan, kalau mau itupun sedikit sekali. Itu dikarenakan leher / kerongkongan masih sakit dihajar saat tarung. Itu akan berjalan paling 2 hari, habis itu normal. Selama susah makan biasanya saya suapin nasi + pur, sedikit aja, yang penting terisi makanan. Hari ke tiga sudah normal makan sendiri.

AYAM KUTILAN 

Penyakit seperti kutil di telapak kaki (butul dlm bhs. sunda) Ayam agak pincang, terimakasih Sy juga mau nanya untuk penyakit Kutil yang di Kepala, soalnya bikin Ayam tampak tdk sehat, susah makan dan kadang2 juga dikelopak mata Ayam, mata Ayam jd terus berair dan kadang menutup mata....coba kutilnya dikelupas sampai keluar darahnya lalu dikasih mitialyn blue/obat biru(banyak ditoko2) untuk di daerah mata obat jangan sampai masuk mata ,bisa menyebabkan iritasi ,mata Ayam merah dan berair.setelah beberapa hari biasanya kutil akan kering.mudah2an berhasil koh.

PARUH AYAM COPOT PADA SAAT NGADU 

Biar paruh Ayam cepat kering dan nyambung kembali? pengalaman dulu2 memang lama banget untuk menanti paruhnya kembali normal. Klu pengalaman saya biasanya di kompres air hangat pagi dan sore hari, setiap selesai kompres di olesi bawah putih yang sudah di hancurkan. Yayan Seaman

Oleskan aja minyak kuku kuda, itu bisa mempercepat pertumbuhan paruh Ayam juga kok. Kalo paruh copot jangan sampai di buang, tempelkan kembali sama putihnya telur, trus dihendiplas samping kiri-kanan satu malem, pagi dilihat kalo masi melekat biarin, soalnya kalo siang di tempilin , biasanya Ayam kan kipu atau kakinya garuk2 jadi bisa nglepasin paruh yang di tempel ,sampai kering. Pakai tensoplas yang untuk mbalut perban luka itu loo. kira dah kering tensoplas di lepas pelan2 terus diolesin bawang puih yang udah dilembut kan. itu pengalamn saya, Tapi harus hati2 supaya gak lepas .

SANG JAGOAN YG REWEL 

kadang2 kita menemui Ayam aduan yg mempunyai kualitas baik dgn stamina yg tdk konsisten,botoh2 memberikan istilah JAGO REWEL,untuk jenis Ayam yg mempunyai kondisi naik turun.Sehingga dlm masa latihan tdk pernah mengalami kemajuan yg konsisten akibatnya kita tdk berani menurunkan ke kalangan.

Beberapa penyebab Ayam jadi rewel yaitu:

1.Ayam cacingan. 2.kemampuan metabolisme yg kurang baik. 3.over training 4.luka dalam akibat pukulan Ayam lain. Ayam akan makan jika kadar gula darah menurun dan pada Ayam rewel ini mungkin kemampuan menyimpan gula dalam bentuk glikogen dlm otot tdk baik sehingga Ayam kekurangan gizi.Ada kemungkinan kedua yaitu selera makan Ayam kurang baik hingga Ayam tdk mkn sesuai dgn kebutuhan tubuh. Untuk mengatasi ini,anda dapat memberikan campuran makanan 25% Par G dgn gabah/beras merah 75%.Air minum harus tetap tersedia.

Plus Minus penggunaan obat2an dan vitamin pada Ayam aduan 

Agar Ayam tetap dlm kondisi sehat,pemberian vitamin secara teratur sangat dianjurkan.Vitamin bisa dicampur dgn air minum atau sesudah makan.Dosisnya tidak perlu berlebihan.Lebih baik sedikit,tetapi teratur karena pemakaian obat dlm jangka waktu lama dgn dosis yg terlalu banyak akan mengganggu pencernaan dan menimbulkan ketergantungan.Maka akan berpengaruh buruk pada mental maupun fisik Ayam. Ditandai dgn kerontokan bulu halus,nafsu makan berkurang dan Ayam cenderung liar.Efek lain adalah berat tubuh berangsur-angsur turun dan demam ringan.Akibatnya nafsu tarung turun. Maka lebih baik jika memberikan bahan-bahan alami saja,seperti empon-emponan.Selain sebagai antibiotik,dapat mengoptimalkan kemampuan sel tubuh Ayam.

BUBUL

Klu Ayam saya bubul biasanya saya kurung dan lantai dasarnya terbuat dari semen yang sudah licin mengkilat, lantai tersebut di basahi

pagi, siang dan sore. Pada saat Ayam mau tidur kaki yang bubul di bersihkan lagi dengan Obat Kompres "RIVANOL". Biasanya dalam tiga minggu bubul sudah hilang jika di lakukan terus menerus. Semoga berhasil. Selamat mencoba.

Klu saya blh kasih saran, untuk mengobati ayam bubul :

1. Cuci kaki ayam dengan air sampe bersih 2. Bersihkan bubul dengan Alkohol 3. Tempel obat bubul / plaster bubul / obat racikan yg di kemas ky handiplas selama 3 hari jgn dilepas. Selama 2 minggu bubul akan lepas, sampe akar2 nya, saya sdh mencoba berulang ulang2

Belikan aja plester kapalen di toko obat cina pasti ada. sebungkus isi 6. kalo bisa setelah ditempel, jangan dibuka sampek 1 minggu, trus nanti bubulnya bisa rontok, dikasih lagi, rontok lagi. nanti kalo sembuh ya agak bolong gitu, tapi gak papa karena bubulnya sdh mati, cukup diberi betadina aja. ati2 jgn sampe diklintek karena kalo luka tapi sulit lagi mulai dari nol. kalo bisa sampe tuntas.tas.tas dan tas (katae marissa haque).

III.                     VAKSIN

Ayam kami tetap di vaksin secara berkala setiap 4-6 bulan sekali untuk Ayam dewasa. jika terdapat yang kecil atau masihmudainterfalnyalebihrapat. Kalau sudah ada yang terserang NCD (tetelo) biasanya di beri vaksin ND warnanya seperti susu agak bening dan harus di simpan pada suhu kulkas agar orgamismenya berfungsi baik. Tetapi ada juga yang berwarna bening.

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang unggas dan setiap penyakit punya vaksin sendiri. Pemberian vaksin sebaiknya sejak Ayam kita berumur 1 minggu dan di lakukan secara berkala dan sesuai dosis. Vaksin adalah bibit penyakit yang sudah di lemahkan yang di suntikkan kedalam tubuh unggas atau Ayam kita dengan dosistertentusecaraperiodik. Pemberian vaksin yang di lakukan tidak secara berkala dan tidak sesuai dosis anjuran akan berdampak kurang baik terhadap Ayam kita bahkan vaksin tersebut akan bekerja sibaliknya menjadi toksin.

Mengapa pemberian vaksin di lakukan secara berkala dan sesuai dosis tujuannya adalah agar anti body pada unggas atau Ayam kita bekerja baik dan maksimal membasmi bibit penyakit sungguhan sesuai jenis vaksin yang di berikan.

Cara kerja Vaksin bermacam-macam yang bekerja secara menyeluruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh unggas atau Ayam kita terhadap berbagai penyakit ada hanya untuk jenis penyakit tertentu. Misalnya, NCD yang Mas Pama atau poluler disebut Tetelo untuk menghindari jenis penyakit ini maka diberi vaksin ND,adajugavaksinantingorok/fludanlain-lain. Pemberian vaksin sebaiknya di lakukan pada kondisi yang aman misalnya, Ayam dalam kondisi sehat, kandang dalam kondisi bersih dan tidak ada Ayam yang terserang penyakit.

Jika dalam ternakan Mas Pama terdapat Ayam yang terserang NCD segera di kubur atau di bakar dan kandangnya di sterilisasi, untuk sementara waktu jangan di gunakan. Bakteri jenis ini dapat bertahan dalam induk inangnya seumur hidup apa bila yang terserang bisa sembuh. Bakteri ini bisa bertahan sampai 10 tahun dalam kondisi yang lembab.Mungkin ada yang ingin menambah atau koreksi silahkan....

mas tp Ayam ku dah telat vaksin skrng lg numbuh bulu dileher kira2 7blnan..saya mesti kasi vaksin pa ke Ayam ini?kmrn sodaranya mati kena flu n tembolokny ga habis2, mencret putih..tapi sdrny untung msi slamat..saya harus kasi vaksin jenis pa mas yayan? apa mesti kasi vaksin sama antibiotik.. thanxs mas yayan..

Jangan sekali-kali memberi vaksin kepada Ayam jika kondisinya tidak fit karena vaksin sebenarnya adalah bibit penyatik yang di lemahkan. Jadi jika Ayam kita dalam kondisi tidak fit lalu di vaksin maka anti body Ayam tidak tidak bekerja dengan baik dan bisa berdampak sebaliknya terhadap Ayam kita. Jangan memberi vaksin dengan campuran atau kombinasi karena bisa berakibat fatal. Kami tidak menyarankan anda memberi vaksin dan anti biotik sekaligus.

III.                     MENDETEKSI KEDAHSYATAN PUKULAN AYAM

botoh2 punya patokan sendiri dlm menilai pukulan Ayam.kalau saya lebih suka Ayam yg tulang supitnya renggang,kaku,tebal dan besar.menurut pengalaman sy,biasanya pukul sakit dan gak ada habis daya pukulnya. Kalau Saya biasanya menilai Ayam bagus pukulannya adalah seperti yang pernah dikemukakan oleh pak Yayan Saeman sebelumnya, yaitu pada topik menggandeng lawan (kalau tdk salah).

Tetapi garis besarnya saya menilai Ayam bagus pukulannya bila:

- Supit yang rapat dan keras, pukulannya akan fokus. - kaki lebih pendek dari paha (paling tidak 3/4-nya). - Kaki dari dengkul ke bawah menyempit kemudian melebar lagi ke arah telapak kaki (istilahnya narrow leg). - Brutu besar dan rapat. - Kaki kering tetapi tetapi bulat rotan. - jari-jari lentik, panjang. - Ada sisik meliknya atau ubed, atau batu rante atau batu lapak. selanjudnya sama dengan yang pak Yayan kemukakan sebelumnya.sedikit menambahkan kalau saya melihat Ayam yg mempunyai pukulan yg dahyat :

- tulangan harus kasar - badan tebal dan berbentuk botol - badan yg panjang - pinggul yg agak besar - ekor tidak terlalu lemas dan kebanyakan ekor lidi - sayap yg lebar dan tebal kalau dihitung =/- 22 helai, - kaki yg kering merit dan padat dgn jari2 yg lentik - sisik kaki asal bisa beras tumpah - terdapat pecahan pas diujung jari tengah, kalau kiri dan kanan keduanya pecah akan semakin bagus

saya sekarang punya Ayam pukulan keras + jalu dan sangat mematikan menurut pengelihatan saya secara garis besar Ayam saya memiliki ciri-cri -tulangan kasar -badang panjang -supit agak renggang tapi sangat keras -kaki kering bulat (warnanya seperti nasi kering) -pinggul besar -ruas paha lebih panjang dari kaki -dibelakang jalu ada benjolan(sepatu)

IV.                      SISIK

Sisik pada Ayam ibarat sidik jari pada manusia karena sejak Ayam menetas hingga dewasa tidak akan berubah. Beda dengan bagian lain dari tubuh Ayam akan mengalami perubahan. Sisik pun menurut sebagian penghobi Ayam menggambarkan katuragan dan masa depan seekoranakAyam. Sisik pun akan mencerminkan karakter Ayam bersangkutan dan mitos yang berhubungan dengannya. Jika Pak Thomas ingin lebih jauh dan memahami hal tersebut, saat ini saya sedang menyusun buku tentang AyamLaga yang membahas secara mendalam segi teknis dan mitos yang di yakini oleh para botoh di Indonesia. Jika tak ada halangan akhir tahun ini buku tersebut sudah bisa di nikmati oleh para penghobi AyamLaga di Nusantara. Jika Pak thomas bisa melampirkan foto atau gambar sisik Ayam yang dimaksud itu lebih baik karena masukannya mengarah pada susunansisikbersangkutan. YayanSeamen.

saya darimalaysia dan merupakan penggemar hobisabungAyam ini.. saya ada mendengar tentang Ayam raja dan cuba mendapatkan infonya di malaysia tetapi tiada siapa yg tau.. oleh kerna pak yayan ada menyebut tetang yam raja ini.. boleh pak yayan huraikan sedikit tentang Ayam raja..maaf saya tidak berapa faham dengan keterangan pak yayan tentang Ayam raja.. jikalau boleh tolong huraikan supaya lebih jelas.. -Jika kaki lawan Telapak kaki tengah bersisi sebaiknya di hindari karena anda menghadapi raja Ayam yang sesungguhnya jarinya, Ayam jenis ini selalu menang dan Ayam ini di sebut sebagai Batu Lapak. (Raja Ayam). I'm sorry karena baru memjawab pertanyaan anda, Raja Ayam di tuduhkan kepada Ayam yang mempunyai sisi di telapak kaki bahagian tengah, jumlah sisik tersebut paling sedikit tiga susun. Letak sisik tersebut di bahagian tengah bukan di telapak jari kaki (baturante).

Ayam seperti ini dalam kasta Ayam mempunyai aura yang paling kuat, seperti halnya manusia yang jadi pemimpin mempunyai wibawa.Terima kasih Pak Sarrawi mudah2an melalui media ini bisa terjalin hubungan persaudaraan yang baik antar sesam penggemar ayadu. Alamat lengkap saya tepatnya di : PERUM KOPKAR PLN BLOK G NO.5 BATAM CENTRE - PULAU BATAM No.hpsy:081364664056

CIRI-CIRI  AYAM JAGOAN

ciri-ciri khas bg Ayam yg rajin mukul lawan, apa pula ciri-ciri jagoan yang mampu memukul tanpa mengetip lawanbiasanya Ayam agresif,matanya kejam dan paruh bawah agak melengkung ke dalam.biasa Ayam yg mempunyai tipe tarung yg tempel pukul (cepat):

-badan bulat botol -badan tdk terlalu panjang -pinggang / pinggul tidak besar - model ekor kipas - paruh lurus tapi jgn terlalu panjang dan jgn pendek - model kepala kecil dan berbentuk pinang

V.                      NYALI

Salah satu contoh untuk mendeteksi nyali bisa dilihat dari jenggernya.

Hampir setiap Ayam jago memiliki jengger, namun jengger yang ada cukup bervariasi bentuknya, ada yang lebar, halus, kasar, bentuk bunga (mawar), nyumber dan lain sebagainya. Dari bentuk-bentuk yang ada dipercaya bentuk jengger yang blangkon (seperti topi jawa : red) memiliki mental yang cukup bagus.

Bentuk jengger blangkon ini memiliki ujung jengger yang bagian belakang lebih panjang dari yang menempel di kepala, namun sampai ujung masih kelihatan seolah-olah menempel di kepala. Tidak hanya itu, jengger blangkon yang dinilai memiliki mental yang bagus juga harus lentur, tidak kaku meskipun bentuk jenggernya besar. Tentang motifnya bisa rata atau berbentuk bunga tidak masalah, hanya saja kalau rata besar terkadang sulit dipatuk lawan sementara jengger yang kecil atau berbentuk bunga lebih mudah diambil lawan.

Ayam yang memiliki jengger blangkon kebanyakan tidak mudah menyerah, meskipun sudah terluka parah. Bahkan sering kali meskipun sudah tidak berdaya masih diam tidak mau menyerah (keok). Tentu saja Ayam yang demikian sangat bagus jika diimbangi dengan tehnik dan pukulan yang istimewa. Kelenturan jengger ini juga menjadi acuan untuk memilih Ayam aduan, kebanyakan jengger lentur dan halus memiliki keberanian yang luar biasa, selain itu juga tidak mudah terluka baik akibat patukan, pukulan maupun jalu. Bahkan kalaupun sempat berdarah jengger yang lentur biasanya lebih cepat berhenti dibanding dengan jengger yang keras.Berbeda dengan jengger yang bagian belakang yang langsung tegak lurus dengan bagian jengger yang menempel di kepala, biasanya mentalnya sangat jelek. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan saat turun di kalangan, bisa saja pukulan tidak terlalu telak, namun sudah merasa kesakitan sehingga membuatnya cepat kabur. Bentuk Ayam yang demikian sering membuat kecewa pemiliknya, kadang bisa saja saat itu Ayam masih kondisi unggul, karena memang memiliki tehnik dan pukulan yang bagus. Seperti yang dialami Yono saat turun di Lamongan, Ayam andalanya sempat unggul telon (3 : 1), bahkan pada air pertama pukulanya sempat membuat goyah lawanya hingga3kali. Menginjak air (baca : ronde) kedua Ayam masih unggul, tetapi begitu kena jiling (pukulan sakit) sekali saja langsung merasa kesakitan, hingga lupa ingatan. Melihat Ayamnya sudah kelihatan tak berdaya, lantas Yono mengambilnya dan akhirnyadinyatakankalahTKO. Seandainya Ayam tersebut memiliki mental yang bagus, tentu pukulan yang disarangkan tersebut tidak dirasakan dan akan tetap bertahan, sehingga justru masih ada perlawanan. Mengingat secara tehnik dan pukulan masih unggul, bisa-bisa berbalik memenangkan pertarungan. (Sumber trenHobi)

VI.                      PERSIAPAN AYAM ADUAN UNTUK TARUNG

 

PERSIAPAN AIR AYAM MAU ADU

Ronde 1 ada moment penting bagi Ayam aduan untuk menentukan kemenangan.Pada saat stamina Ayam tsb masih good form,maka Ayam dpt memukul sekuat tenaga dan akurat.Maka dlm membasahi sebelum ronde 1,harus dilakukan dgn Becik/baik.Ayam jangan terlalu basah,dan peresapan air harus pada bagian tubuh tertentu serta pengompresan yg continue.

Harusdiingatjuga,Ayamberjalu danpolosberbedaprinsipbasahinnya. Tidakbisadisamakan. Ayam jalu butuh kecepatan pukul, maka jangant erlalu basah biarkaki/jalucepatnaik. Kalau terlalubasah, terlambat 'bukaurat', bisakecolonganjaluduluan... Ayam polos butuh stamina utk pertarungan yg lebih lama. Maka mandiin agak lebih basah. Kalau kurang basah, meskipun kaki langsung 'naik', stamina/napas cepat habis. Bisa kedodoran di ronde berikutnya.kalo Ayam jalu karena diperlukan kelincahan dan kecepatan penyelesaian, maka pembasahan di leher dan bawah syap jgn terlalu banyak, sebaiknya lebih ke daerah bawah badan. kalo Ayam lepek agak lebih basah di leher, tapi jgn terlalu basah karena akan pengaruh ke solah Ayam (bisa solah bawah kalo basah sekali), utamakan pembasahan di daerah belakang/pangkal ekor atas dan bawah) karena Ayam lepek akan bertarung lebih lama, jadi harus pandai jgn sampe Ayam kobong/kehabisan napas Di antara binatang lain, Ayam memiliki keunikan dalam pertarungan. Dua ekor Ayam yang berhadapan, tidak serta merta berkelahi begitu saja. Ada tiga tahap dalam pertarungan Ayam, yaitu: tahap penjajagan (abar), tahap pertarungan, dan tahap penyelesaian.

PELATIHAN FISIK/ MATERI LATIHAN:

“Seekor Ayam aduan bisa mulai diadu jika umurnya sudah delapan bulan. Atau paling nggak sudah dapat latihan tarung sebanyak 2 sampai 3 kali dengan Ayam yang sudah berpengalaman,” sebut Iwan, peternak kelahiran 15 November 1961. Tiap kali latihan dibutuhkan waktu bertahap dari 1 x 10-15 menit sampai 2 x 45 menit. Sebetulnya umur terbaik sebagai Ayam petarung adalah 1,5 tahun atau setelah Ayam mengalami rontok bulu pertama (mabung).

Untuk Fisik, Makanan dan Pola Tarung yang perlu di perhatikan adalah Ayam anda termasuk dalam fase mana karena Ayam dewasa dan ayam yang sudah ganti bulu/ Ngurak mempunyai materi dan bobot latihan yang agak berbeda. Jika ayam anda tergolong dalam katagori  ayam Dewasa maka kucup dengan pola berikut :

1.     Jemur selama 1,5 jam setiap pagi hari namun bulu di bawah sayap dan bulu di bawah dubur harus di basahi dengan air,

latihan ini bertujuan melancarkan metabolisma dan sirkulasi darah dalam tubuh ayam dan melatih tubuhnya terbiasa dalam suhu yang tinggi.

2.        Setelah di jemur dan bulunya sudah kering ayam di lepas dalam kandang khusus yang teduh dan berlantai pasir sehingga si ayam bisa mandi pasir/ kipu. Latihan ini bertujuan melatih otot-otot kontraksi di bawah kulit sehingga dapat dengan reflek menahan rasa sakit pukulan pada saat bertarung.

3.        Pale (mengangkat ayam dan melepaskan secara tiba-tiba dengan tekan di bagian depan) setiap hari minimal 20 kali setiap hari. Lantai harus di lapisi bahan yang lembut dan tebal sehingga pada saat ayam  mendarat telapaknya tidak bengkak/ luka. Latihan ini bertujuan untuk pertarungan jarak dekat dan dalam sudut pukul yang sempit ayam tetap mampu melepaskan pukulan dengan baik, selain itu juga untuk kecepatan.

4.     Mengangkat sayap dengan cara kedua sayap di angkat oleh kedua tangan dari arah belakang ayam sambil sayapnya di gerakkan perlahan, perlakuan ini harus hati-hati karena ayam yang belum terbiasa akan merasa ngilu dan nyeri. Latihan ini bertujuan agar sayap tidak turun dalam pertarungan lama dan untuk mengantisipasi pukulan di bawah sayap yang di lepaskan oleh lawan.

5.     Renang. Latihan ini ada yang melakukan dengan cara ayam di lepas dan kolam atau sungai tetapi jika kolam terbatas maka dapat di lakkukan dengan cara pertemuan dubur dan ekor di pegang dan ayam di biarkan menggerakkan kakinya selama 15 menit setiap dua minggu sekali. Jika sudah selesai renang sebaiknya ayam di lap dengan kain kering dan jangan langsung di jemur, biarkan ayam di angin-anginkan. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan pukulan juga untuk menghidari ayam mengalami keram otot pada saat bertarung dalam ronde panjang.

6.     Latihan Ayun/Bandul. Caranya ayam di tenggerkan di atas kayu yang di gantung ke dua sisinya. dengan tali Jika ayam sudah tidak jatuh maka leher ayam di gerak-gerakkan kiri ke kana dengan sedikit gaya putar (di putar dengan menggunan lengan buka jari-jari tangan, seakan-akan ayam sedang adu Gulu). Latihan ini bertujuan melatih keseimbangan dan kemampuan menyerang dan melepaskan pukulan pada posisi yang sulit dengan akurasi yang tepat.

Jika ayam anda sudah ganti bulu/ Ngurak maka pola latihannya sama dengan yang di atas tetapi Frekwesinya lebih banyak dan beberapa perlakuan tambahan lainnya.

MELATIH AYAM SIAP ADU 

Ayam Bangkok akan menjadi nyata ketika seekor Ayam sudah bisa bertarung dan menang dalam suatu situasi yang di sepakati bersama antara pemilik satu dengan yang lain. Jika membahas tentang pelatihan Ayam Bangkok maka dapat di golongkan dalam dua katagori:

1.     Ayam yang Sudah Dewasa (1-1,5tahun) Ayam yang sudah desawa mulai di latih sejak masih remaja (8 bulanan) misalnya:

-           di jemur setiap pagi dari jam 7.30-8.30 tujuannya mengatur sikulasi darah dan melatih Ayam dalam kondisi panas sehingga pada akhirnya nafas dan metabolismenya lebih teratur. Ini adalah pola dasar yang wajib sifatnya proses ini di ekipalenkan pada saat Ayam sedang bertarung di mana suhu tubuhnya akan naik hinggal 2x lipat karena Ayam di katagorikan jenis hewan berdarah panas.

-           Mulai di abar/ sparing dengan usianya sama atau tidak jauh berbeda, jangan pernah melatih dengan Ayam yang sudah turun arena kita Ayam belum mempunyai urat/ otot.

-           Pola makan harus di perhatikan karena jika tidak sesuai Ayam bisa rusak sebelum bertempur di arena. Kondisi ini sesring terjadi pada Ayam pemula akibat kecerobohan pemiliknya.

-           Kuning telur di tambah madu adalah minuman wajib bagi Ayam pada masa latihan minimal 2x seminggu.

-           Sparing sekali dalam 2 minggu selama 2x15 menit pada usia 10 bulan

-           Pada usia 1 tahun sudah harus menang minimal satu kali dengan kemenangan di bawah ronde.

-           Dan pada saat Ayam memasuki usia 1,4 tahun Ayam sudah menag 3 kali pada saat ini Ayam memasuki masa istirahat dan akan mulai ganti bulu.

2.     Ayam yang Sudah Ganti Bulu/ Ngurak.

-           Ayam yang sudah ganti bulu Organ tubuhnya semakin sempurna, tulangnya semakin masif, mentalnya semakin matang, hanya kekurangannya urat/ ototnya harus di entuk lagi dengan latihan bertahap. Kelebihan Ayam yang sudah ngurak adala lebih cepat membentukan ototnya, pukulannya kebih tembus (mempunyai tenaga dalam) pada Ayam tertentu dengan pola latihan tertentu, daya terima pukulan/ pertahanannya lebih baik.

-           Secara garis besar proses latihannya sama dengan Ayam yang baru di latih hingga menjadi petarung yang tangguh dan tak terkalahkan.

-           Masih banyak lagi pembahasan dan pola berbeda tergantung, teknik pukulan karakter Ayam yang di tangani/ di miliki misalnya;

-           Renang, Jantur, Bandul, Muter, Pale, Push up, Regangan sayap, Otot Dorong, Otot pukul, otot adu leher dll, semua itu dalah pola-pola latihan yang sering di terapkan para Bobotoh dalam dunia pertarungan Ayam sesuai Ayam yang di tanganinya. Semoga membantu bagi rekan penghobi.

BADAN BANTAT

Setiap pelatih selalu menginginkan Ayam aduannya memiliki tubuh yang prima. Badan yang tahan pukul, pukulan yang keras, lompatan yang tinggi dan keunggulan fisik lainnya. Untuk itu mereka berupaya melatih Ayamnya dengan berbagai metode seperti renang, jalan jongkok, jantur, diputar (mengelilingi Ayam lain dalam kurungan) dan metode lainnya. Seringkali karena porsi latihan yang terlalu berat, otot Ayam terbentuk sedemikian rupa mirip seorang binaraga. Ayam yang terlalu berotot ini memang akan tahan pukul karena tebalnya otot yang dimiliki terutama otot dada dan paha. Namun kondisi ini juga dibarengi dengan menurunnya kelincahan Ayam. Ayam menjadi kaku, susah bergerak dan jarang mampu melompat. Dalam pertarungan yang berimbang kekuatan, Ayam bantat akan menjadi terlalu pasif, tidak produktif dan lebih cepat lelah. Cara yang paling efektif untuk mengatasi badan Ayam yang bantat adalah dengan berkipu, atau mandi dengan pasir atau tanah halus. Ayampun secara alami akan senang melakukannya. Anda tinggal menyediakan tempat untuk itu, sejengkal tanah yang diberi pasir atau tanah lembut (debu). Selain itu beri kesempatan Ayam untuk bergerak secara bebas pada ruang yang cukup dan sediakan tempat bertengger agar sering melompat.

LEHER PERKASA

Leher Ayam bangkok yang ideal adalah yang memenuhi kriteria antara lain lentur agar mudah menghindar, kokoh untuk menahan pukulan dan liat sehingga efektif untuk mengunci. Banyak cara untuk melatih leher Ayam, salah satunya dengan rajin mengurut. Selain itu, ketika Ayam memasuki masa uji coba tarung (abar), maka setiap pukulan yang diterima leher secara alami akan membuat otot leher terbentuk.Ukuran leher Ayam harus proporsional, tidak terlalu panjang dan terlalu pendek. Leher yang terlalu panjang, akan membuat sulit menghindar dari pukulan lawan. Sebaliknya leher yang terlalu pendek, akan membuat sulit untuk mengunci (ngalung) lawan. Yang terpenting lagi, selain memiliki otot leher yang baik, ruas tulang leher juga harus rapat. Ini sangat penting untuk menahan pukulan ke leher. Banyak kasus Ayam KO adalah karena pukulan ke arah leher yang membuat ruas tulang terbuka sehingga syaraf yang ada di leher terganggu sekaligus cedera tulang leher.

BADAN BOTOL DAN BADAN BRONGGAL

Ayam bangkok jika dilihat dari depan maupun dari samping memang memiliki penampilan paling gagah dibanding Ayam ras lain. Secara umum badannya terlihat tegap, dengan dada yang membusung dan otot paha yang kokoh.Tetapi memilih bentuk badan yang ideal, tidaklah cukup dengan hanya mengamati penampilannya. Mau tidak mau, badan Ayam harus kita pegang untuk mengetahui secara persis bagaimana bentuk badannya. Cara memegangnya adalah dengan meletakkan tangan di samping kiri dan kanan badan Ayam, kedua jempol bersentuhan di punggung dan dua jari tengah saling bertemu di dada tepat pada pangkal paha bagian depan. Bentuk Ayam yang ideal adalah bulat memanjang seperti botol dengan bagian dada yang melebar. Bentuk bulat seperti botol ini tidak tergantung dari ukuran Ayam. Baik Ayam berpostur kecil maupun besar, tetap pegangannya akan terasa enak. Ayam yang pegangannya enak, biasanya akan memiliki teknik bertarung yang baik dan gerakan yang bagus.Dalam kasus tertentu, ada juga bentuk badan Ayam yang menonjol pada tulang dada bawah sehingga pegangannya jadi mengganjal dan tidak nyaman. Ayam ini disebut dengan Ayam bronggal. Sebenarnya teknik tarung Ayam bronggal tidak selalu jelek, dalam beberapa kasus malah punya kecenderungan pukulan yang keras dan tahan pukul. Tetapi Ayam bronggal jelas memiliki kerugian dalam hal gandeng. Karena pegangannya yang besar, seringkali harus menghadapi lawan yang ukurannya di atasnya tetapi jatuhnya pegangan sama. Selain itu bentuk badan bronggal juga membuat Ayam relatif kalah gesit.Badan bronggal adalah faktor genetik. Cara untuk menghindarinya adalah dengan mengawinkan jago bronggal yang memiliki teknik tarung berkualitas dengan babon yang berbadan botol sempurna dan ramping. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat tenggeran untuk tidur bagi anak-anak Ayam yang sejak kecil sudah bisa diidentifikasi akan berbadan bronggal. Cara tidur yang bertengger akan membuat tulang dada bawah bersentuhan dengan tenggeran yang akan membuatnya tidak terlalu berkembang menonjol.

MERAWAT AYAM NGURAK,PERHATIKAN MASA MOULTING DAN PAKAN 

NGURAK/GANTI BULU,adalah proses alamiah pada unggas,biasanya Ayam ngurak setiap tahun dan lama proses ini kurang lebih 4 bulan.Ngurak pada Ayam aduan merupakan proses istirahat panjang dan perlakuan yg diberikan harus istimewa juga.Pada masa ini Ayam membutuhkan kadar protein,vitamin dan mineral lebih tinggi daripada Ayam yg disiapkan untuk bertarung. Makanan yg baik pada masa Ayam ngurak adalah pakan grower Ayam petelur,yg mengandung protein 16% dan ditambahkan dgn 2% mineral.Pemberian minyak ikan tdk dianjurkan,karena minyak ikan mengandung 87% asam lemak tak jenuh dan 55% asam linoleat,sedang bulu dibentuk dr protein dan mineral,terutama kalsium dan phospor.Sedang pemberian Vit.E dosis tinggi dpt mempercepat tumbuhnya bulu2 baru.

Pada saat ngurak,Ayam tidak memerlukan umbaran,cukup 3 hari sekali utk mengepakan sayap dan melemaskan otot kaku.Pegang dgn hati2 Ayam,karena bulu2 muda akan terasa sakit bila tersentuh.Hindarkan Ayam betina yg akan memakan bulu muda yg mengandung kadar phospor tinggi.Pada anak Ayam,kekurangan phospor pada makanan,mengakibatkan Ayam jadi kanibalisme/saling memakan bulu.

Mengawinkan Ayam pada masa ngurak,harus diperhatikan jumlah dan mutu pakan yg diberikan. Ayam akan turun nafsu kawinnya jika kekurangan karbohidrat,jgn takut Ayam jadi gemuk dan otot kendur pada masa ini. Ayam yg kekurangan protein akan menghasilkan mutu sperma yg rendah,akibatnya kualitas tetasan jadi krg baik. Setelah bulu tumbuh sempurna,anda melatih Ayam tsb kembali.Rubah pakan kembali seperti semula,mulai mandikan Ayam dan menjemurnya.Setelah 2 minggu,pakai air kapur sirih utk menghilangkan minyak pada bulu Ayam.Pembuangan minyak pada bulu,agar air mudah meresap ketika dimandikan,dan juga memudahkan pengeringan ketika suhu Ayam naik.

Menguatkan tulang ceker agar keras 

Cara yg dilakukan botoh2 lawas yg sy pelajari untuk menguatkan tulang ceker agar pukulnya lebih sakit dan gak gampang tedun,yaitu dr Ayam umur 4 bulanan,kaki Ayam dilumuri campuran gambir dan kapur sirih,setiap hari. Anda boleh mencobanya dan membuktikannya! trus ada tambahan dikit mas...Cara yg dilakukan botoh2 lawas yg sy pelajari untuk ketahanan bagian kepala(tidak mudah merasa sakit saat menerima pukulan dari lawan) yaitu ditetesi air Tembakau pada mata+mulut...biasanya ditetesi dari umur 2 bulan kalau sy pake lombok yg dibuang biji dan digosokkan pada bagian wajah sehabis Ayam diabar.Jika sudah terbiasa,Ayam thn perih dan juga berfungsi mencegah kurapan.

MELATIH KEKUATAN SAYAP 

Ada beberapa cara,botoh Ayam melatih kekuatan sayap Ayam aduannya.

1.dengan menjantur Ayam. 2.mengangkat sayap Ayam bergantian. 3.melontarkan Ayam. saya sendiri dgn cara menaruh Ayam di atas kurungan,dan menarik buntutnya ke bawah.Ayam akan mengepakkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan.Ini saya lakukan tiap pagi dan sore. cukup dgn mengangkat sayap silih berganti selama 15 kali kayaknya udah bagus...kekuatan pukulan Ayam juga tergantung ada sayapnyakan...berlebihan akan berakibat fatal...kalo malam taruh kurungan yg bulat lalu di atas kurungan kasih lampu / kurungan di bawah lampu ruangan yg agak redup, biarkan Ayam di bawah dia akan naik ke atas kurungan krn mencari tempat tidur. lakukan berulang ulang sehingga Ayam terlihat ngos ngosan dan setelah itu basuh sayap kiri kanan memakai air hangat2 kuku. jangan lupa sebelum tidur minum susu + madu + telur juga spy besok terlihat fit dan muka merah menyala.

TIPS MEMANDIKAN AYAM LAGA 

-   Sejak kapan Ayam dimadikan ? - Mengapa harus di mandikan ? - Bagaimana memandikan Ayam akan bertarung dan seusai

bertarung 

-     Ayam dimandikan sejak semua bulu sudah kering +/- umur 9 bln - Ayam dimandikan supaya lemak2 dibadan dpt terbuang, badan pun lbh kering singset dan berotot, pengaturan napas Ayam pun akan semakin baik, Ayam yg akan bertarung hrs dimandikan hingga bener2 Ayam cukup dingin, dpt ditandai dgn Ayam gemetaran, tapi perlu diperhatikan kedua sayap Ayam jgn sampai basah,  seusai bertarung Ayam tdk perlu dimandikan sampai basah lagi cukup dikompres, hingga napas Ayam kembali normal kemudian lap kering hingga bersih, bekas2 luka dapat dibersihkan dgn alkohol 96%, jika ada sembab atau memar cukup dikompres dgn alkohol, demikian jika ada rekan2 yg menambahkan silahkan....

MENUMBUHKAN KEMBALI TAJI YANG PATAH

Jalu patah bisa terjadi saat di abar

Taji Ayam pempunyai 2 lapisan. Lapisan luar adalah tulang, bersifat keras sedangkan bagian dalam lunak.Mulai Ayam kecil, taji Ayam terus mengalami pertumbuhan hingga yam dewasa. secara alami taji digunakan untuk memeukul lawan atau memukul benda keras yang dirasa membahayakan Ayam. Jika taji patah maka bagian dalam akan mengering dan terkadang tidak bisa tumbuh lagi.Bagaimana jika terjadi taji Ayam kesayangan patah, maka buatlah ramuan yang terdiri dari campuran serbuk tempurung dan madu.selanjutnya oleskan pada taji yang patah. patahan tidak akan mengering dan memungkinkan untuk tumbuh lagi.Taji Ayam sejenis dengan bulu landak juga sirip ikan. Secara normal tumbuh pada kaki bagian belakang diatas jari kecil Ayam yang menghadap kebelakang.Ada Ayam yang istimewa karena memiliki taji di 1 kaki.

MERAWAT TAJI SEBAGAI SENJATA

Perwatan taji yang bisa dilakukan adalah mengusapnya dengan kunyit,” kunyit dapat membuat taji padat,kuat dan halus, dengan pemberian kunyit warna taji semakin mantap , selain itu pemilik juga harus mampu merawatnya memekai ampelas yang paling halus. sebelum di mapelas, taji tersebut dapat diruncingkan dengan silet atau pisau, bentuknya dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan, seperti taji lutus dengan ujung runcing atau taji melengkubng dengan ujung runcing setelah itu baru diampelas pelan-pelan. pengampelasan jiga harus dilakukan secara periodik, karena taji dapat tumbuh dan kondisinya kadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena itu pengasahan taji harus selalu diperhatikan. Strategi yang juga harus diperhatikan dalam menghadapi Ayam petarung lain yang juga bertaji adalah harus dilakukan pengamatan bentuk taji, jika bentuk dan ukurannya sama kita tinggal mempertajam atau memperuncing taji.”setelahAyam dibandingkan dan sepadan dengan Ayam lawan, tidak langsung tinggal diam, menjelang sabung terlebih dahulu taji Ayam diasah dahulu dengan ampelas, untuk memastikan ketajamannya, baru setelah itu kakinya dibasuh dengan air dan dikeringkan dengan kain, jangan lupa jiga harus memberinya makan seggengam nasi, sebagai syarat saja.

LATIHAN LEHER.

Latihan leher yang anda terapkan pada ayam anda menurut saya kurang tepat karena akan menyebabkan gerakan yang kurang lentur (ayam menjadi kaku). Saran saya pola latihan yang baik adalah memutar leher ayam ke kiri 15x dan di balas ke kanan 15x dengan lengan (bukan jari tangan) di lakukan di tas tenggeran yang kedua ujungnya di ikat (ayam dalam posisi bertengger di lakukan setiap pagi dan sore hari. Dengan Jenis latihan ini anda akan mendapat dua manfaat sekaligus otot leher ayam anda akan semakin sempurna dan keseimbangannya akan semakin mantap.

Manfaat dari latihan ini pada saat bertarung adalah:

- ayam bisa memukul dalam situasi sulit sekalipun tetapi arah pukulannya tetap pada daerah yang di tuju dan mematikan.
- Kemampuan bertahannya akan lebih baik karena ayam dapat meredam atau menghindar dari serangan lawan dengan cekatan karena di dukung oleh keseimbangan yang sempurna. - Kemampuan menyerang baik sebelum atau sesudah di serang oleh lawan akan lebih cepat karena mempunyai pemusatan tumpuan yang baik. Karena ayam anda sekarang dalam kondisi ganti bulu/ ngurak saran saya jangan di beri perlakuan fisik, biarkan saja air minum di los makan tetap 1x sehari jika memungkinkan di beri pakan Poerr atau BIG BOS sehingga bulu yang baru tumbuh akam sempurna.

Mas Angga tolong di jelaskan apakah ayam anda ini jenis teplek atau bertaji ? Jika Teplek apakah sisik kakinya bergelang-gelang ? jika tidak bergelang berarti jeles teplek yang sempurna biasanya akan menurunkanayam yang bagus pula.

Jika tergolong ayam bertaji maka saran saya tajinya harus di manfaatkan karena kerjanya di dalam arena akan semakin cepat menang dan kemungkinan besar dapat mematikan lawannya 65%. Dari beberapa pengalaman dan menurut mitos ayam klawu lebih unggul jika bermain jalu/ taji di banding dengan ayam warna lain. Demikian masukan dari saya. Semoga bermanfaat.

AYAM LEHERNYA GAK JADI-JADI 

Hi Guys, salam kenal ya. aku angga aku tinggal di batulicin (Kal-Sel), aku ada sedikit masalah dengan Ayamku yang sekarang ini sedang ganti bulu. Ayamku ini bulunya warnanya Klawu ketek padahal bapaknya klawu geni. nah Ayamku ini belum pernah kuturunkan di kalangan, tetapi sejak dia berusia 6 bulan aku sudah mulai ngetren ayam ini dan latihan normal, ayam ini luar biasa setiap kali ku coba dengan ayam lain, tidak sampai 1 air musuhnya pasti ngacir dan setiap kali musuhnya lari pasti setelah dia pukul diarah dagu (leher bawah) bahkan aku pernah ngetren dengan ayam yang ukurannya lebih besar juga terjadi demikian, dan aku pernah kagum ketika aku tren dengan ayam yang sudah jadi (beberapa kali menang dikalangan tapi taji ayam  ini aku bungkus) tidak sampai 1 air ngacir juga. aku tidak berani menurunkan dia dikalangan karena sampai sekarang leher ayam ini gak jadi jadi padahal aku sudah habis habisan nglatihnya dari diurut sampai gantung leher bahkan kalau digantung ayamini biasa aja dan tahan lama tetapi anehnya lehernya tidak juga mengeras. aku heran apa karena ayam ini lain dari sodaranya satu tarangan karena semua sodaranya gagah gagah dan besar besar tapi yang ini tidak kelihatan gagah bahkan cenderung berukuran 7 dan bodinya tidak menarik. Jika ada yang punya saran tolong diinfokan . Mas Angga, Saya sudah membaca cerita singkat tentang ayam anda and kelihatannya ayam anda mempunyai kelebihan yang luar biasa. Ayam anda sangat istimewa jika sesuai dengan yang anda gambarkan. Dalam istilah jawa pukulan ayam anda mempunyai jiling atau sering di sebut sebagai pukulan jiling (pukulan saraf) karena arahnya tetap pada sambungan antara tengkorak dan tulang leher dimana pada daerah ini merupakan jalur tol antara organ tubuh dengan otak generik pada ayam sehingga jika daerah ini terkena pukulan tepat maka ayam akan mengalami buta sesaat, lumpuh sesaat dan merasa sangat kesakitan. Mengenai otot/ urat leher yang belum jadi itu adalah anggapan yang keliru karena bagi orang atau para bobotoh ayam yang berpengalaman otot/ urat ini di kenal dengan sebutan OTOT PENJALIN/ OTOT ROTAN. Otot jenis ini adalah yang paling di takuti dalam dunia pertarungan ayam karena: -  Dapat menipu lawan sehingga akan mendapat gandeng atau lawan yang tidak terlalu berat  - Memilik daya lentur yang tinggi pada saat menerima pukulan sehingga ayam tidak gampang rusak dan cepat pulih - kondisinya jika di banding ayam yang memiliki otot keras. -  Biasanya ayam yang mempunyai otot penjalin memiliki pukulan yang mematikan. -  Jika pada saat bertarung di arena ayam jjenis ini lebih cepat segar di banding ayam  yang memiliki otot kers. -  ayam tidak mudah mengalami keram otot jika di banding otot keras. -  Mempunyai kecepatan yang lebih baik jika di banding ayam yang otot keras. -  Lebih fleksibel dalam melancarkan pukulan bahkan dari sudut yang sulit sekalipun. Regards,yayan Seaman

Mengantisipasi kekurangan pola tarung pada ayam piaraan Pak Thomas, Jika ayam anda cara bertarungnya seperti yang di paparkan memang sih sangat berbahaya apa lagi mutarnya tidak rapat sehingga memudahkan lawan melepaskan pukulan kedaerah belakang kepala. Karena ayam sudah terlanjur di besarkan dan dirawat maka untuk melindungi kekurangannya latihan yang perlu diterapkan adalah:

- Latihan tengkuk; Jari telunjuk dan Ibu jari menjepit tengkuk ayam dari arah belakang lalu mengangkatnya hingga badan ayam terangkat bebera CM dari lantai secara perlahan (jika ayam belum biasa akan merontak) lakukan dengan hati-hati. Efek dari latihan ini akan membentuk otot tengkuk sehingga jika terkena pukulan tidak terlalu frontal. - Latihan renang; ayam dimasukkan kedalam kolam dan ekornya di pegang sehingga agak menungging sambil di biarkan kakinya mengayuh terus di dalam kolam, kepala ayam akan tetap menjulang berada di permukaan. Efek ini akan membentuk otot leher dan otot bahu sehingga ayam pada saat lari posisi kepala tidak terlalu kebawah. - Latihan pale; ayam di terbangkan ke angkasa dengan cara posisi tangan satu bagian depan berada tepat di bawah pergelangan leher dan tangan lainnya di belakang di bagian supit. Latihan-latihan diatas tidak bersifat mutlak dan tidak merubah total karakter ayam bersangkutan. Saran lain dari saya; Jika tidak memiliki pukulan mematikan sebaiknya cari alternatih lain ayam yang sesuai keinginan anda dan lebih menjadikan. Demikian saran yang saya berikan, jika ada rekan ingin menambahkan silahkan. Thanks and Regards, yayan.

Mas Don, Untuk ayam Pra tarung (ayam sudah pernah tarung dan menang dan akan bertarung lagi) perlakuan yang harus kita berikan : Persiapan di mulai 3 minggu sebelumnya: - Jemur - Sebelumnya sudah pernah di renangkan 20 menit  - Kipu/ mandi pasir - Lari, sebaiknya kita pegang ayam dan ayam mengejar kita dengan membentuk angka''8'' sebab kalau kita biarkan ayam dengan kandang putar maka polanya akan monoton dan berdampak pada insting dan naluri yang monoton pula oleh sesbab itu kadang ada ayam yang seharusnya menang tetapi akhirnya SERI karena lawannya tidak mau di selesaikannya padahal lawannya sudah pasrah. - push up - Pale - Sayap- Jantur - Satu minggu menjelang tarung ayam di gebrak. - Satu minggu menjelang tarung ayam hanya di jemur, lari, kipu -Dua hari menjelang tarung ayam di jemur 1,5 jam, kipu, lari secukupnya, lepas dalam kandang khusus - Satu hari menjelang tarung ayam istirahat total dan di lepas dalam kandang khusus.

Satu hari sebelum diadu

Ayam yang akan bertarung esok hari, biasanya selepas magrib di beri Kuning telur di campur madu satu sendok teh dan Tonikum bayer satu sendok teh lalu di lepas selama 15 menit di dalam rumah setelah itu di beri tiga teguk air minum kemudian Ayam di kembalikan kekandang khusus yang bebas nyamuk untuk istirahat.secara normal Proses penyerapan makanan dan vitamin pada Ayam berlangsung setelah 12 jam berada di tubuh Ayam bahkan lebih, jika kita memberikannya di pagi hari maka reaksinya baru terasa di malam hari. Sementara waktu tarung yang ideal antra jam 7.00-11.00 pagi dan 2.30-4.30 sore. Jadi tidak mungkin membuat Ayam melek itu hanya hipotesa saja. Pemberian jamu/ puding di hari yang sama akan memberi efek pada saluran pernapasan. Jika ingin memberikan sesuatu pada Ayam menjelang tarung di hari yang sama cukup gula merah karena akan meredam suhu tubuh tidak terlalu tinggi dan membantu suplay oksigen pada sel darah merah karena gula merah banyak mengandung vitamin B.

MENJEMUR AYAM 

Seberapa lama dan rutinitas kita dlm menjemur Ayam.Tiap2 botoh mempunyai perlakuan yg berbeda dlm menjemur Ayam.Dari tingkat kebasahan dan waktu menjemur Ayam.Semua mempunyai maksud yg sama,agar Ayam jadi sehat dan merah.

Kebanyakan org beranggapan menjemur Ayam untuk:

1.Melatih pernapasan Ayam,semakin tahan Ayam dijemur semakin kuat napas Ayam.Padahal ini salah!Perlakuan ini akan merusak metabolisme Ayam,karena Ayam hewan berdarah panas dan tidak seperti manusia dpt berkeringat untuk proses pendinginan. 2.Menghilangkan perlemakan.Hal ini tidak 100% benar,karena semakin enteng Ayam,maka tenaga dan stamina akan berkurang untuk pertarungan yg memakan 5 ronde.Kecuali Ayam anda tarungkan untuk tarung pisau. Padahal tujuan menjemur Ayam adalah:

1.Mengeringkan bulu yg basah sehingga Ayam tidak kedinginan. 2.Sinar matahari pagi untuk proses vitamin D.

3.Memerahkan kulit Ayam dan menyehatkan Ayam. 4.Mencegah kutu. Jadi menjemur Ayam cukup seperlunya,karena kemenangan ditentukan bukan lewat jemuran!

PENGARUH PIJATAN/PALE PADA AYAM ADUAN 

sudah lama ingin kutanyakan masalah ini,minta pendapatnya ya!SEBERAPA PENTING PIJATAN/PALE PADA AYAM ADUAN?

Menurut saya pijatan cukup penting untuk daerah sayap, dada, paha, kaki, leher dan muka gunanya untuk melenturkan dan mengencangkan otot pada bagian tersebut untuk mengantisipasi pukulan lawan pada bagian ini. Pale dapat menambah kecepatan dan keseimbangan.Saya pikir anda dan rombongan anda bisa jadi benar dan tidak ada yang perlu di koreksi atau di luruskan... Sebab semua yang kita utaran di forum ini adalah pengalaman dan bukan Pakem atau teori konstan. Jadi pandangan berdasar pengalaman bisa saja berbeda dari teori yang sama. Urut yang saya maksud disini bukan mengurut dengan jari-jari tetapi dengan lengan, kepala Ayam tidak di pegang tetapi di di putar kekiri dan kanan dengan menggunakan lengan jadi otot yang terbentuk lebih lentur dan tidak kaku. Tetapi semua Ayam jika terpukul berat pada bagian leher biasanya efek yang timbul akan seperti itu dan bukan karena metode urutnya, justru dengan mengurut akan membentuk otot pada leher sebagai tameng dari pukulan lawan. Menurut saya begitu... bos !

Latihan bawah. 

Ayam gaya main kontrol diatas terus, latihan apa yg cocok untuk diterapkan?

Gaya tarung Ayam anda tergolong jenis atas murni biasanya jenis ini kesulitan pukul bawah terutama jika menghadapi Ayam gaya selam yang rapat kedasar dan masuk dari arah depan. Untuk itu cara mengantisipasi kesulitannya mungkin latihan yang perlu di berikan adalah;
1. Pada saat memberi makan tempat makannya tidak lebih tinggi dari temboloknya.

- Akan Lebih baik jika saat memberi makan, tempat makanannya di gerakkan ke kiri dan ke kanan dengan ketinggian dari dasar +- 1.5cm. Ini pun harus di ikuti irama langkah kaki Ayam menyilang ke kiri kemudian ke kanan. (satu langkah silang kekiri dan satu langkah silang ke kanan) dan seterusnya. sesekali di putar mengitari tubuh Ayam layaknya gerakan kepala Ayam lawan dan sesekali gerakan maju dan mundur di antara kaki Ayam. Latihan ini di lakukan pada saat Ayam dalam kondisi lapar dan temponya sekitar 15 menit saja, jangan terlalu lama nanti selera Ayam akan terganggu. Manfaatnya untuk melatih otot tengkuk pada Ayam kita.

2. latihan leher di atas tergeran yang berayun. Gunanya agar Ayam pada saat melepaskan pukulan bawah tidak ragu-ragu dan setelah melepaskan pukulan Ayam sudah pada posisi siap kembali, tidak jatuh. Karena kadang Ayam kita pada saat melepaskan pukulan bawah sudut pukulan sangat sempit dan berakibat jatuh atau salah posisi pada saat berdiri.

Latihan ini di lakukan dengan gerakan sempurna secara perlahan dan di naikkan temponya secara bertahap setiap hari pada saat Ayam kita akan di beri makan. Jangan khawatir gaya atasnya akan hilang.

Demikian saran saya, semoga bermanfaat. Jika ada rekan yang ingin menambahkan silahkan. Selamat mencoba. Thanks and Regards, Yayan Seamen.

MENGUATKAN PUKULAN AYAM

Ayam saya ini jenis lepek(jalunya hanya sebesar biji jagung) dan bobot pukulannya tidak begitu keras, namun Ayam saya ini cukup rajin, yg ingin saya tanyakan gimana ya mas yayan supaya bobot pukulan Ayam saya dapat ditingkatkan?Latihan renang dan pada kedua kakinya di beri pemberat masing-masing 1,5 ons.Sebelum berenang Ayam di beri gula merah sebesar satu ruas ibru jari sebanyak tiga potong agar Ayam tidak terlalu dingin. Pada saat berenang ayam jangan di lepas tetapi ekornya tetap di pegang. lakukan selama 20 menit setiap 3 minggu sekali. Tetap di beri telur minimal 2 hari sekali KALAU AKU PAKAI TREADMILL UNTUK MELATIH STAMINA AYAM.ITU SUDAH TERBUKTI,AYAM2KU TOP FORM TERUS DENGAN ASUPAN GIZI DAN JAMU YG CUKUP

PERAWATAN PASCA TARUNG AYAM ADUAN 

Ayam akan mengalami kelelahan luar biasa setelah bertarung dlm waktu yg cukup lama,atau bertarung dgn musuh yg sama kuat.Bila perawatan pasca tarung diabaikan,bisa berakibat buruk thd Ayam tsb.Umumnya kelumpuhan dan badan menjadi kurus kering,hingga ada istilah AYAM SOAK,akibatnya mental Ayam bisa rusak. Maka ada beberapa tahap dlm menangani Ayam setelah bertarung:

1.PERAWATAN LANGSUNG SETELAH TARUNG

teteskan langsung cairan antibiotik pada luka,pemberian obat luka seperti larutan Iodium yg membakar kulit akan meninggalkan bekas keropeng,yg membutuhkan lama untuk mengelupas.Suntik juga Ayam. Hentikan semua pendarahan,biasa dipakai bubuk kopi.Usahakan dijahit jika ada pembuluh darah yg bocor atau putus.Teteskan cairan antibiotik yg tidak mengandung iodium,agar tidak meninggalkan bekas keropeng. Bila paruh terlepas,usahakan pasang kembali dgn cara mengikat paruh dgn benang ke jengger.Bila paruh tdk dipasang kembali,akan mengakibatkan cacat setelah sembuh,Ayam akan kesulitan mematuk. Berikan gula merah untuk digunakan sebagai sumber karbohidrat yg mudah diserap Ayam.Setelah dibawa pulang,sebaiknya Ayam ditempatkan agak menyendiri.Jangan terlalu dekat dgn jago lain.Setelah mau makan anda bisa mengumpulkan dgn Ayam betina untuk membangkitkan semangat/naluri kejagoannya.

2.SEHARI SETELAH TARUNG DAN BERIKUTNYA

Umumnya Ayam tdk mau mkn setelah mengalami kelelahan yg amat sangat,berikan susu cair dgn cara pemberian langsung ke dalam tembolok dgn menggunakan suntikan ukuran besar yg ujung dikasih selang.Bila Ayam tdk mau makan,jgn terlalu memaksa dgn cara meloloh pada hari pertama hingga hari ketiga.Pada tahap ini usahakan pemberian karbohidrat dan protein yg mudah dicerna,karena pencernaan Ayam masih blm optimal. Hari keempat boleh berikan sedikit pakan Ayam pabrik dicampur susu cair.Jika terlanjur dikasih makanan yg keras hingga tembolok tdk turun/pengerasan tembolok,makan dpt diberikan obat pembantu pencernaan yg banyak dijual bebas di apotik.Jangan memberikan makanan yg keras,berikan lagi gula merah dan susu serta vitamin mineral.Jangan lupa air minum harus tersedia setiap saat.

3.LATIHAN SETELAH SEMBUH

Minimal 2 minggu setelah bertarung anda boleh melatih lagi Ayam anda jika menang dlm waktu singkat.Lakukan latihan sparring kurang

10 menit.Usahakan Ayam mendapat istirahat cukup dan asupan gizi yg cukup.Jgn terburu nafsu menarungkan kembali Ayam anda.Bila kondisi Ayam blm TOP FORM,akan mempengaruhi mental si Ayam sehingga bisa lari sendiri pada saat bertarung atau teknik tarung yg berubah.

PROBLEM OTOT AYAM ADUAN 

Akibat perlemakan yg berlebihan pada Ayam aduan,mk Ayam akan kesulitan memukul dan bernapas dlm bertarung dan berlatih.Ayam akan jd bantat bila lemak berlebihan pada otot dada Ayam.Deposisi atau penimbunan lemak bisa terjadi secara 3 macam pd Ayam.Pertama deposisi pada rongga perut,kedua deposisi pd dlm otot dan ketiga deposisi diantara otot.Pada kasus ini Ayam cenderung gemuk,ingat para petinju akan megalami kesulitan

bergerak bila berat badan naik lebih dr 5% dr berat ideal tubuhnya. Bentuk lain dr penyimpangan otot adalah otot yg kaku karena salah melatih Ayam aduan.Umumnya kesalahan ini akibat melatih Ayam dgn beban dan pijatan/pale yg berlebihan pd Ayam.Kedua penyimpangan bentuk otot ini akan mengakibatkan Ayam tdk dpt memperlihatkan kebolehannya pd saat pertarungan terutama pada saat Ayam mendapat sudut ruang pukul yg agak sulit.Biasanya Ayam akan memukul dgn baik jika mendapat kesempatan dr depan dgn jarak renggang yg baik.Selain itu otot dada yg berkembang berlebihan atau kaku akibat penimbunan lemak akan menghambat Ayam utk memukul dan bergerak,walaupun mempunyai otot kaki yg lentur.

Pada Ayam aduan porsi dan type makanan sangat berperan penting dlm membentuk otot yg ideal.Bila Ayam terlalu gemuk,usahakan mengurangi jatah makan sehingga tidak ada sisa karbohidrat yg berlebihan di dalam tubuh hingga tersimpan menjadi lemak.Penjatahan makan harus hati2,karena

Ayam dgn berat dan latihan yg berbeda sudah barang tentu butuk jumlah makanan yg berbeda pula. Penjemuran Ayam yg berlebihan akan merusak metabolisme Ayam.Ayam menjadi kurus dan dehidrasi,sehingga merusak stamina Ayam. Pendekatan kedua untuk memperbaiki tekstur otot setelah diet yg ketat adalah menjantur Ayam pd permukaan yg licin dan keras.Usahakan Ayam terbang dan lari dlm waktu yg tidak terlalu lama,kira2 20 detik.Latihan lari mengitari babon dlm kurungan dan menyuruh Ayam kipu adalah salah satu cara menjaga kelenturan otot Ayam aduan. Memakankan temukunci yg dibakar pada Ayam dpt membantu mengurangi kebantatan Ayam aduan.

MENGUATKAN TUNGKAI KAKI 

AyamLaga kita pada saat bertarung tak jarang mengalami cidera pada bagian kaki, misalnya patah jalu atau tedun rambat (flek merah)

pada sisik tungkai kaki. Hal ini dapat di minimalisir dengan cara: Mengurut tungkai kaki dengan menggunakan jari tangan dan minyak gosok (Cap tawon) ini sangat efektif dan sudah terbukti. Ayam dalam pertarungan panjang tungkai kakinya akan tetap aman. Mengurut tungkai kaki akan menguatkan lapisan jaringan pada sisik kaki. Bagian yang perlu di perhatikan adalah tungkai dalam (sisi dalam) karena bagian ini paling sering berbenturan kemudian Jari di bawah jalu (Jari belakang) dan bidang antara jari belakang dan jari dalam. Bagian ini adalah pemukul terhadap lawan dan tak jar

Dilihat : 3 User
Komentar : belum ada komentar
Tag Teman :