Tips Menghapal Al-Quran Ala Alvin Firmansyah Hafidz Indonesia RCTI - Farid Fadlurrohman

Kesempatan yang berbahagia dan menakjubkan ketika saya bisa bertemu langsung dengan Alvin Firmansyah. Di usianya yang baru menginjak 10 tahun, ia mampu menghapal 17 juz Al-Quran. Tak cuma hapal 17 juz ayat-ayat suci. Tetapi Alvin Firmansyahyang sekarang menjadi penguji di program Hafidz Indonesia RCTI ini mampu menghapal terjemahannya 17 juz tersebut. Subhannaloh..

 

Foto Alvin Firmansyah Hafidz Indonesia RCTI

Foto Alvin Firmansyah Hafidz Indonesia RCTI saat pengajian

 

Momen itu terjadi ketika kantor saya mengundang Alvin sang hafidz cilik di pengajian bulanan pada tanggal 25 April 2013. Tak hanya sendiri, ia datang bersama keluarganya. Ayahanda Ustadz Firman dan istri, serta Sabrina (5 thn) dan Adnan (4 thn) yang sedang mengikuti jejak sang kakak untuk menghapal Al-Quran.

Saat pengajian berlangsung, jamaah dibuat kagum dengan kemampuan Alvin untuk menyebutkan sekaligus menyampaikan letak ayat, jumlah lafadz yaa ayyuhal ladziina aamanu dalam Surat Al Baqarah, ayat terpanjang dan lainnya. Sepertinya, semua sudah terekamdengan baik dalam memori anak pertama dari empat bersaudara tersebut. Apalagi saat Alvin melantunkan tilawah, langgamnya menyerupai langgam Syaikh Misyari Rashid.

Ustadz Firman ayahanda Alvin sang guru dan pembimbing Alvin memaparkan tips yangdilakukan Alvin dalam menghapal Al-Quran.

Berikut Tips Menghapal Al-Quran Ala Alvin Firmansyah Hafidz Indonesia RCTI

  1. Menghafal Al-Quran itu adalah selalu diulang-ulang.
  2. Metode dengar dan praktek. mendengarkan murottal secara audio, kemudian mempraktekannya. Menghapal Al-Quran sambil mendengarkan murottal secara berulang-ulang. Pola menghafal yang dilakukan Alvin, dimulai dengan mendengarkan lantunan ayat Al Quran secara audio sebanyak 10 kali, kemudian praktek baca selama 10 kali. Hal itu terus dilakukan berulang, sampai akhirnya bisa.
  3. Disiplin waktu. Luangkan waktu tiap harinya khusus untuk menghapal Al-Quran. Kelak akan jadi kebiasaan. “Setiap hari, Alvin ditarget untuk mampu menghafal satu halaman dalam satu hari”. tutur Ust. Firman.
  4. Niat yang tinggi untuk memuliakan Al-Quran.
  5. Peran orang tua atau guru sangat berperan. Terus-menerus dibimbing dengan target menghapal tiap harinya. Pengaruh lingkungan menjadi motivasi sehingga menularkan kebiasaan.

Semoga Tips Menghapal Al-Quran Ala Alvin Firmansyah Hafidz Indonesia RCTI bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia lainnya untuk menjadi hafidz Al-Quran. Amin.


Dilihat : 33 User
Komentar : 5 komentar
Tag Teman :