8 Film Kartun Yang Mengajak Kita Untuk Menyayangi Bumi - Fauziah Kusumawardani
Sebenarnya ada banyak film yang menyampaikan pesan ke kita tentang pentingnya menjaga lingkungan. Tapi, film kartun punya cara yang unik untuk menyampaikan pesan itu. Mulai dari tokohnya yang lucu dan ceritanya yang seru bikin kita nggak merasa bosan atau digurui. Nah, di bawah ini adalah beberapa film kartun yang memiliki pesan cinta bumi di dalamnya.
 
1. Finding Nemo  
sukague.com
Film kartun ini bercerita tentang perjalanan seorang Ayah ikan badut dalam mencari anaknya, Nemo, yang tertangkap penyelam. Film ini memberi pesan ke kita bahwa nggak boleh sembarangan mengambil ikan dari laut, apalagi yang jenisnya langka. Karena selain kasihan si ikan akan terpisah dari kelompoknya, juga bisa menyebabkan spesies ikan tersebut lama-lama jadi punah.

2. Over The Hedge  
 
sukague.com 
Dalam film ini, kita diperlihatkan tentang akibat dari populasi manusia yang semakin luas, dan akhirnya menjarah tempat tinggal para hewan. Tokoh-tokoh di film kartun ini adalah sekelompok hewan yang tadinya hidup damai di hutan. Tapi, kemudian mereka harus berjuang bertahan hidup ketika manusia mulai membangun perumahan di sekitar hutan mereka.


3. Happy Feet
 
 
Apa jadinya kalau ikan-ikan di laut semakin sedikit karena terus ditangkap nelayan? Tentu saja hewan-hewan pemakan ikan akan kelaparan, termasuk para penguin di Antartika. Demi menyelamatkan kelompoknya, seorang penguin bernama Mumble berenang mengikuti kapal nelayan, untuk mencegah tindakan mereka terus mengambil ikan. Eh, bukannya mendengar keluhan si penguin, para manusia malah menangkapnya dan memasukkannya ke kebun binatang.

4. Battle for Terra  
 
Film animasi ini bercerita tentang planet yang mirip bumi, yang didiami oleh bangsa terra. disaat yang sama bumi mulai terancam dengan kepunahan sumber daya alam. beberapa astronot menemukan kemiripan antara terra dengan bumi sehingga berusaha untuk melakukan penyerangan untuk mengambil alih planet terra.

Film ini menunjukan betapa manusia itu egois, serakah dan mementingkan kepentingan sendiri tanpa menghiraukan apa yang ada disekitarnya. walau demikian film ini mengajarkan tentang persahabatan, kegigihan untunk mempertahankan sesuatu yang telah dimiliki. 

5. Ice Age  
sukague.com
Ketika Anda mendengar kata-kata Ice Age, apa yang terlintas di benak anda? Sebagian besar pasti mengingat sebuah film kartun 3 dimensi yang mengisahkan petualangan seekor mammoth bernama Manfred, seekor kukang bernama Sid, dan seekor harimau gigi pedang bernama Diego di kawasan yang dipenuhi es tebal. Yaitu Ice Age, sebuah periode di masa lalu, di mana hampir seluruh daratan di belahan bumi utara diliputi es tebal dan kisah mereka yang harus bertahan hidup dari kejahatan manusia(ice age 1) dan melelehnya es di kutub (ice age 2).

6. Doraemon di kerajaan awan  
sukague.com
Mereka bertemu penghuni awan yaitu manusia langit, pada malam harinya mereka menginap di awan itu, mereka dikurung oleh manusia langit. Ternyata manusia langit punya rencana untuk menghancurkan bumi, karena banyak manusia yang ingin merusak bumi. 
7. NOBITA & THE GREEN GIANT LEGEND 
 sukague.com
Suatu hari makhluk dari Planet Hijau ingin menghancurkan bumi, karena manusia bumi dianggap telah berbuat kejam pada alam. Doraemon, Kibo, Nobita dan kawan-kawannya berjuang melawan menghalangi makhluk dari planet hijau yang ingin menghancurkan bumi.
Di film ini kita diingatkan agar selalu mencintai alam dengan menjaga keseimbangan alam. Film ini ingin menyadarkan manusia atas tindakan tak terpuji mereka pada alam, penebangan pohon secara liar tanpa menanamkannya kembali menyebabkan hutan menjadi gundul. Kalau saya perhatikan memang sepertinya manusia sudah mulai melupakan fungsi dari pohon bagi bumi dan bagi manusia sendiri, lihat saja jika di daerah kalian ada lahan atau kebun kosong dalam waktu beberapa bulan atau tahun sudah berubah menjadi rumah, toko dan lainnya.
 
8. Wall-e  
sukague.com

Di masa depan, bumi terpaksa harus ditinggalkan lantaran sudah dipenuhi sampah hasil produksi dari perusahaan Buy N Large yang tak bertanggung jawab. Untuk membersihkan sampah yang bertumpuk, dipilihlah WALL-E (Waste Allocation Load Lifter-Earth-Class), robot kecil yang diprogram untuk melakukan pembersihan global ini.


Kategori : hidup, informasi, unik, bumi
Kata Kunci : 8, film, kartun, menyayangi
Dilihat : 21 User
Komentar : 9 Komentar
Tag Teman :