Geschool Menyambut Kurikulum Baru - Geschool Officer

Geschool Menyambut Kurikulum Baru

 Berita tentang pemberlakuan kurikulum baru pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah tersebar. Perubahan kurikulum yang akan dimulai pada tanggal 13 Juni 2013 itu meminta para guru untuk segera mempersiapkan perangkat mengajar yang sesuai dan efektif diberikan kepada siswa. Guru dituntut segera beradaptasi dan cerdas dalam penyampaian materi yang disebut sebagai sistem pembelajaran tematik integratif atau kurikulum yang menekankan penilaian berbasis tes dan portofolio.

Berdasarkan fenomena tersebut, guru tentu memerlukan suatu media dalam kegiatan belajar mengajar. Suatu bentuk media pembelajaran yang bersifat umum dan mampu memberikan sifat aktif bagi siswa-siswinya. Oleh sebab itu, Geschool.net sebagai jejaring sosial edukasi yang memiliki tujuan memajukan pendidikan Indonesia memiliki beberapa fitur yang mampu dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran.

Fitur Gebookpedia, Devoted Getop, dan Devoted Getrol dipersiapkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Ketiga fitur itu mampu guru manfaatkan untuk tindakan belajar mengajar yang mengkombinasikan unsur diskusi, kemandirian, kreativitas, dan pembelajaran digital. Siswa akan merasa memiliki materi dan melakukan aktivitas belajar secara menyeluruh tanpa ada tekanan, dan rasa takut, karena halaman demi halaman pada fitur tersebut merupakan milik siswa dan siswa berhak untuk membaca kembali, mendiskusikan, bahkan memberikan masukan. Soal maupun materi yang siswa hadapi pun merupakan hasil dari guru di sekolah sehingga masih terdapat keterkaitan materi dan soal yang guru berikan pada pembelajaran klasikal di kelas.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah Gequiz. Fitur ini berada di room guru dan didesain untuk mengadakan suatu Quiz atau soal singkat, baik yang berupa gambar maupun uraian yang diperuntukkan bagi para subscriber (siswa-siswi suatu guru tertentu). Gequiz mampu guru fungsikan sebagai media penyelenggaraan Quiz digital dengan pengaksesan penilaian yang sepenuhnya dilakukan oleh guru dengan pembuatan soal Quiz yang ringkas dan publikasi hasil yang cepat.

Geschool.net berusaha memfasilitiasi pembelajaran dengan situasi perubahan sistem pendidikan seperti apa pun. Guru sebagai tenaga pendidik dapat menggunakan fitur-fitur Geschool dengan mengikuti kesesuaian kurikulum pembelajaran. Melalui Geschool.net guru-guru diharap mampu memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu inovasi media pembelajaran yang mengembangkan kreativitas dan keaktivan siswa. Istilah “Gagap teknologi” sepatutnya tidak tersemat bagi kegiatan belajar mengajar bangsa kita. Jadi jelas sudah bahwa pendidikan bangsa kita tidak terbatas pada ruang dan waktu, namun dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Untuk menghadapi perubahan kurikululum tersebut tentu diperlukan koordinasi yang erat antarguru dan pihak-pihak lain terkait pengaktivan kurikulum baru. Geschool.net siap membantu pengaksesan komunikasi antarguru dan mempersiapkan fitur-fitur yang mampu menunjang pembelajaran agar berlangsung lancar sehingga dapat memajukan pendidikan Indonesia sampai pada taraf yang paling baik.

 

Salam Geschool 

1311840454_1652889950_1.jpg

Kategori : Geschool
Dilihat : 54 User
Komentar : 21 Komentar