INFORMASI PENDAFTARAN OLIMPIADE ONLINE NASIONAL 2014 PIALA HASRI AINUN HABIBIE - Geschool Officer

1411039078_1944087982.jpg

Olimpiade Online Nasional, dilaksanakan dengan beberapa ketentuan dan mekanisme yang harus dilakukan oleh masing-masing peserta. Berikut ini adalah informasinya :

A. PESERTA KOMPETISI

Peserta Olimpiade Online Nasional 2014 adalah sekolah yang diwakili oleh satu tim yang terdiri dari 5 orang siswa/i. Khusus untuk kategori SMA, sekolah dapat diwakili oleh tim SMA IPA dan tim SMA IPS, dimana masing-masing tim terdiri dari 5 orang siswa/i. Jumlah tim perwakilan sekolah diperbolehkan lebih dari satu tim.

> Seluruh sekolah se-Indonesia berhak untuk mengikuti Olimpiade Online Nasional 2014 sesuai ketentuan

> Siswa/i yang dipilih untuk mengikuti kompetisi ini sepenuhnya wewenang sekolah masing-masing

> Seluruh siswa/i yang tergabung dalam tim perwakilan sekolah wajib memiliki akun Geschool

> Seluruh guru pembimbing yang ditunjuk oleh pihak sekolah wajib memiliki akun Orbit Digital dan akun Geschool

 > Sekolah atau siswa/i bersedia menyiapkan personal computer / laptop dan koneksi internet atau berada di tempat yang tersedia sarana tersebut (seperti warnet, lab komputer dan lain-lain) pada saat berlangsungnya Olimpiade Online Nasional 2014

 

B. KATEGORI dan MATERI KOMPETISI

Kategori dan materi yang diujikan pada Olimpiade Online Nasional 2014 dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu :

1. Kategori tingkatan SD dan sederajat. Materi yang diujikan adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesai.

2. Kategori tingkatan SMP dan sederajat. Materi yang di ujikan adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

3. Kategori tingkatan SMA IPA sederajat. Materi yang diujikan adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesai dan Bahasa Inggris

4. Kategori tingkatan SMA IPS sederajat. Materi yang diujikan adalah Matematika IPS, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

 

C. PEMENANG dan HADIAH

   Pemenang Olimpiade Online Nasional 2014 akan dipilih berdasarkan kategori kompetisi dan mendapatkan hadiah, diantaranya :

1. Piala Hasri Ainun Habibie untuk sekolah pemenang I, II dan III setiap kategori

2. Perangkat untuk mendukung fasilitas laboratorium komputer sekolah bagi sekolah pemenang I, II dan III setiap kategori

3. Medali bagi siswa yang tergabung dalam tim sekolah pemenang I, II dan III setiap kategori

4. Piagam Penghargaan bagi siswa yang tergabung dalam tim sekolah yang masuk babak Final setiap kategori

5. Piagam Penghargaan bagi guru pembimbing tim yang masuk babak Semi Final.

6. Seluruh pemenang I, II dan III setiap kategori (5 siswa/i dan satu guru pendamping) akan diundang untuk mengikuti acara penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie oleh Bapak BJ Habibie di Jakarta. Seluruh akomodasi disediakan oleh panitia.

 

MEKANISME PELAKSANAAN OLIMPIADE ONLINE NASIONAL 2014 PIALA HASRI AINUN HABIBIE

A. TAHAPAN KOMPETISI

Olimpiade Online Nasional 2014 dilangsungkan dalam empat tahapan, yakni seleksi Tingkat Kabupaten/Kota, seleksi Tingkat Provinsi, Semifinal dan Final. Tahapan ini berlaku untuk seluruh kategori.

Penentuan tim yang masuk untuk tahap selanjutnya didasarkan pada akumulasi nilai tim, yang terdiri dari 5 siswa/i setiap kategori

1. Tahapan Tingkat Kabupaten / Kota

Tahapan seleksi tingkat Kabupaten/Kota merupakan seleksi diantara peserta yang berada di wilayah Kabupaten/Kota yang sama. Seleksi ini untuk menentukan tim yang menjadi perwakilan Kabupaten/Kota, yang akan maju ke tahap berikutnya, yakni untuk menentukan Perwakilan Provinsi. Ketentuan seleksi tahapan ini adalah :

> Apabila jumlah tim peserta tahapan ini sebanyak 5 s/d 10 tim, maka akan diambil 2 tim untuk maju ke tahapan provinsi.

> Apabila jumlah tim peserta tahapan ini sebanyak 11 s/d 15tim, maka akan diambil 3 tim untuk maju ke tahapan provinsi.

> Apabila jumlah tim peserta tahapan ini lebih dari 15 tim, maka akan diambil 4 tim untuk maju ke tahapan provinsi.

> Apabila jumlah tim peserta kurang dari 5 tim, maka 1 tim dengan akumulasi nilai tertinggi akan masuk ke tahapan provinsi apabila akumulasi nilainya di atas rata-rata nilai akumulasi tim nasional (hal ini nantinya ditentukan sepenuhnya oleh panitia).

2. Tahapan Tingkat Provinsi

Seleksi tahapan tingkat provinsi merupakan seleksi untuk menentukan perwakilan tim setiap kategori yang akan maju ke babak semifinal mewakili provinsi. Ketentuan tahapan ini adalah :

Seleksi dilakukan diantara tim yang lolos pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Provinsi yang sama.

> Apabila total jumlah tim yang lolos tingkat Kabupaten/Kota dari provinsi tersebut berjumlah 10 s/d 20 tim, maka provinsi tersebut mendapat jatah 3timterbaik untuk melaju ke tahapan semifinal.

> Apabila total jumlah tim yang lolos pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota dari provinsi tersebut lebih dari 20 tim, maka provinsi tersebut mendapat jatah 4tim terbaik untuk melaju ke tahapan semifinal.

>  Apabila total jumlah tim yang lolos pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota dari provinsi tersebut kurang dari 10 tim, maka 2 tim dengan akumulasi nilai tertinggi akan masuk ke tahapan semifinal apabila akumulasi nilainya berada di atas rata-rata nilai akumulasi tim nasional (hal ini nantinya ditentukan sepenuhnya oleh panitia).

3. Semifinal

Tahapan semifinal merupakan seleksi diantara seluruh tim yang lolos pada seleksi tingkat provinsi. Seleksi tahap Semifinal akan menentukan 10 tim dengan akumulasi nilai tertinggi setiap kategori yang akan ikut pada tahap berikutnya, yakni tahap Final.

4. Final

Babak final diikuti oleh 10 tim setiap kategori yang lolos dari babak semifinal untuk memperebutkan 3 tim pemenang dengan akumulasi nilai tertinggi setiap kategori.

 

B. PELAKSANAAN SELEKSI

1. Seleksi Tahap Kabupaten / Kota dan Provinsi

>Peserta olimpiade membuka akun Geschoolnya menggunakan Browser Google Chrome minimal 15 (lima belas) menit sebelum Olimpiade dimulai.

>Pengerjaan soal olimpiade dapat dilakukan di manapun sesuai keinginan peserta, sepanjang ada jaringan internet.

>Peserta olimpiade membuka tombol Olimpiade Online Nasional 2014 yang terdapat di fitur “agenda” pada masing-masing akun.

>Peserta menunggu countdown waktu sampai detik terakhir, kemudian menekan tombol “mulai” agar soal olimpiade muncul.

 

1. Jumlah soal olimpiade untuk masing-masing kategori :

    a. Soal olimpiade terdiri dari 160 butir soal acak untuk kategori SD

    b. Soal olimpiade terdiri dari 160 butir soal acak untuk kategori SMP

    c. Soal olimpiade terdiri dari 240 butir soal acak untuk kategori SMA IPA

    d. Soal olimpiade terdiri dari 240 butir soal acak untuk kategori SMA IPS

2. Soal dikerjakan dalam waktu 60 (enam puluh) menit.

3. Soal tersebut berisi materi kelas IV sampai kelas VI semester 1   untuk kategori SD, kelas VII sampai kelas IX semester 1 untuk kategori  SMP, dan kelas X sampai kelas XII semester 1 untuk kategori SMA IPA/IPS.

4. Perolehan skor siswa mengikuti sistem perincian skor berikut :

  a. Jawaban benar : skor 3 (tiga)

  b. Jawaban salah : skor -1 (kurang satu)

  c. Peserta olimpiade mengerjakan soal hingga waktu yang telah ditentukan        berakhir. Adapun ketentuan pelaksanaannya adalah sebagai berikut :

1. Peserta olimpiade dapat mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu (boleh tidak urut)

2. Untuk menjawab soal dilakukan dengan cara menekan tombol A, B, C, D, atau E berwarna biru yang terletak di bawah halaman soal.

3. Setelah menekan tombol jawaban, soal berikutnya akan muncul secara otomatis, kemudian tunggu kurang lebih tiga detik, sampai tombol jawaban berwarna biru kembali sebelum menjawab soal tersebut.

4. Apabila ingin mengerjakan soal lain secara acak, peserta dapat menekan tombol nomor soal, atau tombol prev/next (ada di sebelah kanan).

5. Peserta olimpiade yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu berakhir dapat menutup tab olimpiade-nya, namun tidak diperbolehkan meninggalkan lokasi pengerjaan soal sebelum waktu olimpiade berakhir

6 Setelah waktu pengerjaan olimpiade habis, peserta diminta menunggu hasil pengolahan sistem terkait nilai kumulatif tim kurang lebih 15 menit.

7. Tim yang lolos tahap berikutnya ditentukan berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan dan akan diumumkan di website Orbit Digital www.orbitdigital.net.

 

> Peserta olimpiade yang terlambat mengikuti olimpiade, hanya dapat         mengerjakan soal di sisa waktu yang ada, tanpa mendapat perpanjangan     waktu.

> Peserta olimpiade yang menutup akun Geschoolnya pada saat olimpiade   berlangsung dan tidak membukanya lagi sampai waktu olimpiade berakhir,   dinyatakan telah selesai mengikuti olimpiade.

 > Selama kompetisi berlangsung, peserta dilarang:

1. Menggunakan alat komunikasi elektronik, kalkulator, buku, dan catatan dalam bentuk apapun di lokasi ujian, kecuali alat tulis dan kertas yang digunakan sebagai bahan coret-coretan

2. Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun atau membuka buku lainnya

3. Membuka website selain www.geschool.net (diperbolehkan selama ujian melihat materi pelajaran pada fitur – fitur www.geschool.net)

4. Bekerjasama dengan peserta lain

5. Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal

6. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal

      Segala bentuk gangguan yang terjadi di tempat pengerjaan soal olimpiade, sepenuhnya menjadi tanggungjawab masing-masing peserta. Panitia tidak akan mengulang olimpiade yang telah berlangsung di setiap tahap penyisihan dengan alasan apapun

 

2. Semifinal dan Final

Ketentuan Pelaksanaan Olimpiade Online Nasional 2014 Piala Hasri Ainun Habibie tahap semifinal dan final akan disampaikan kepada sekolah – sekolah yang lolos paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan tahap semifinal dan final.

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait teknis pendaftaran silakan klik link download dibawah :

 > Download Booklet Olimpiade Online 2014

 

Ketentuan pelaksanaan Olimpiade Online Nasional akan terus kami update melalui : www.orbitdigital.net atau www.geschool.net

1411010289_1106465892.png

Dilihat : 236 User
Komentar : 9 Komentar
  • Akhmad Arifudin agenda online.nya malah hilang,, soalnya gk bsa dbuka sbanyak 90%..  bgaimana solusinya ? kita kehabisan waktu.. jdi hn ... Lihat Selengkapnya
    13 Nov 14
  • Muhammad Navil Arvanni hahahaha sama!:-&
    13 Nov 14