Pasukan Mau Tahu - Kristalina Kartika Sari

Pasukan Mau Tahu

Inilah novel legendaris yang sangat menarik, menegangkan, dan bikin ketagihan membaca seri berikutnya.

 

Novel "Pasukan Mau Tahu" menceritakan 5 anak di desa Peterswood (4 anak berumur 11-13, 1 anak berumur 8 tahun) dan seekor anjingnya yang selalu ingin dan ikut memecahkan misteri kriminal yang seharusnya merupakan tugas polisi. Kelima anak ini adalah Laurence Daykin (Larry) dan adiknya Margaret Daykin (Daisy), Philip Hilton (Pip) dan adiknya Elisabeth Hilton (Bets), serta Frederick Algernon Trotteville (Frederick/Fatty (karena gendut)) dan anjing kesayangannya, Buster.

 

Pasukan Mau Tahu yang masih anak-anak ini bersaing dengan polisi desa mereka, Pak Goon. Polisi itu sama sekali tidak menyukai anak-anak dan anjingnya. Pak Goon dan Pasukan Mau Tahu pun selalu berebut menjadi yang paling dulu memecahkan misteri. Meski tidak disukai polisi desa mereka, Pasukan Mau Tahu justru sangat dibanggakan oleh atasan Pak Goon yaitu Inspektur Jenks. Karena itulah, segala hal berbau misteri tak pernah diceritakan mereka pada Pak Goon tetapi mereka dengan senang hati bercerita pada Inspektur Jenks, polisi yang sayang pada anak-anak.

 

Tokoh utama novel ini adalah Frederick Algernon Trotteville yang sejak seri ke 3 memimpin Pasukan Mau Tahu (sebelumnya dipimpin Larry). Kepandaian, kecermatan, dan segala keahlian detektifnya menakjubkan. Cepat mengambil keputusan, pandai menyimpulkan keadaan, cermat dalam penyelidikan, sangat pintar menyamar, dapat mengubah suaranya ke berbagai macam suara dan bisa membuat seolah-olah suara itu datang dari arah lain, pandai meniru tulisan tangan orang, dan masih banyak lagi.

 

Novel ini merupakan novel lama yang terbit sekitar tahun 1980. Tetapi, tahun 2012 ini PT Gramedia kembali menerbitkan buku ini dengan pembaharuan visual sehingga memiliki pembawaan modern.

 

Ada 15 seri Pasukan Mau Tahu. Ada baiknya membaca urut dari seri yang pertama. Kian lama kian maju ke seri berikutnya, misteri yang dihadapi akan semakin menegangkan dan Pasukan Mau Tahu juga semakin maju keahliannya dalam menjadi detektif cilik.

 

Bacalah, tak kan menyesal dan akan ketagihan membaca seri selanjutnya.

Kata Kunci : Pengetahuan, senyum, smile
Dilihat : 5 User
Komentar : belum ada komentar
Tag Teman :