Fakta Unik Kelelawar - Nuury Nurmelia

fakta unik kelelawar


kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Terlihat seperti monyet kecil bersayap jika terbang. Kelelawar bisa menjadi sangat hebat di udara. Sayap mereka yang tipis bisa membuat mereka terbang.

  • Seekor kelelawar coklat bisa menangkap sekitar 1200 nyamuk ukuran besar dalam waktu satu jam. Dalam gua Bracken, Texas, terdapat 20 juta kelelawar meksiko tanpa ekor yang hidup di sana dan memakan sekitar 200 ton serangga.. tiap malam.
  • Kelelawar vampir yang menghisap darah. Tenang, hanya ada 3 spesies kelelawar vampir di dunia ini. Jika anda bepergian di bagian Tengah dan Selatan Amerika, anda mungkin akan melihat kelelawar vampir yang menggigit sapi dan kemudian menghisap darah dari luka gigitan itu.
  • Kelelawar tidak bisa gemuk. Mereka dapt mencerna pisang, mangga, dan buah-buahan lainnya hanya dalam waktu sekitar 20 menit.
  • Sedikitnya ada 10 orang dalam 50 tahun terakhir terjangkit rabies dari kelelawar Amerika Utara. Karena film dan televisi, kelelawar dianggap mesin kuman, yang membawa racun untuk korban tak berdosa. Itu tidak benar, kelelawar justru menghindari orang. Jika anda digigit kelelawar, pergilah ke dokter dan jangan buru-buru membuat persiapan acara pemakaman, karena anda mungkin akan baik-baik saja.
  • Kelelawar menggunakan gema di dalam tempat gelap untuk mengetahui apapun di sekitarnya. Kelelawar mempunyai penglihatan yang buruk dan lebih banyak melakukan aktivitasnya di malam hari, sehingga mereka bergantung pada cara yang lain untuk melihat. Kelelawar mengirimkan bunyi ‘bip’ dan mendengarkan bunyi pantulan dari suara itu untuk berkeliaran. Kelelawar lebih aktif dimalam hari, karena lebih mudah untuk berburu serangga dan menghindar dari pemangsanya.
  • Kelelawar menguasai seperempat dari semua jumlah mamalia. Artinya seperempat dari semua mamalia adalah kelelawar. Ada lebih 1000 spesies kelelawar di seluruh dunia.
  • Lebih dari 50 persen spesies kelelawar di Amerika Serikat mengalami penurunan dan terancam punah. Akibat industri, penggundulan hutan, polusi, dan pemburuan yang bisa menghapus banyak kelelawar dan habitatnya.
  • Tahan terhadap dinginnya malam. Mereka banyak yang suka di dalam gua yang berangin, tapi kelelawar tetap hangat dengan menutup tubuh dengan sayap mereka.
  • Antikoagulan yang ditemukan dalam air liur kelelawar vampir yang mungkin akan segera digunakan untuk mengobati pasien sakit jantung. Para ilmuan di beberapa negara berusaha menyaring enzim yang terdapat pada air liur vampir kelelawar untuk digunakan mengobati pasien sakit jantung dan stroke.
  • Kelelawar hanya memiliki saru ekor anak dalam setahun. Sebagian besar mamalia bertubuh kecil memiliki keturunan yang lebih banyak dari kelelawar. Seperti kucing, kelinci, dan tikus.
  • Kelelawar bisa hidup lebih lama dari hewan peliharaan anda. Umur kelelawar bervariasi, tetapi beberapa spesies kelelawar coklat bisa hidup sampai 30 tahun. Dibandingkan dengan mamalia kecil lainnya yang hanya hidup satu atau dua tahun lebih, itu mengesankan.
  • Kelelawar membersihkan belakang telinga mereka. Kelelawar lebih banyak menghabiskan waktu untuk membersihkan diri mereka. Mereka membersihan diri dan satu sama lain dengan cermat dengan menjilat dan menggaruk selama berjam-jam.

 

Dilihat : 33 User
Komentar : belum ada Komentar